Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadir di IIMS 2024, BYD Belum Punya Target Penjualan

Kompas.com - 18/02/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BYD Motor Indonesia ikut meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pada perkenalan pertamanya ke publik ini, BYD mengaku belum menetapkan target penjualan.

BYD hadir dengan membawa tiga model andalannya, yakni Dolphin, Atto 3, dan Seal. Ketiganya baru diumumkan harganya pada hari pertama IIMS 2024 dan langsung dipasarkan.

Baca juga: Rahasia BYD, Pabrikan Otomotif China Bisa Mendunia

Booth BYD terlihat ramai setiap saat, menandakan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Meski demikian, BYD masih enggan menetapkan targetnya, baik selama pameran otomotif ini berlangsung maupun selama 2024.

Booth BYD pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024Kompas.com/Donny Booth BYD pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024

Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao, mengatakan, tahun 2024 ini adalah tahun pertama bagi BYD, khususnya mobil penumpang, untuk masuk pasar otomotif Indonesia.

"Kami memulainya dari nol, jadi kami tidak menetapkan target tertentu untuk tahun pertama ini," ujar Eagle, kepada wartawan, saat ditemui di booth-nya, belum lama ini.

Baca juga: BYD Tidak Ikut Kasih Garansi Seumur Hidup

"Kalau saya ditanya, tentu saja saya ingin bisa menjual sebanyak mungkin. Kami juga ingin bisa diterima banyak masyarakat," kata Eagle.

Mobil listrik BYD Atto 3Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Atto 3

Eagle menambahkan, BYD masih berharap, bersama-sama dengan pemain kendaraan listrik lainnya, semua bisa berkembang untuk pasar mobil listrik di Indonesia.

Pasalnya, kontribusi mobil listrik terhadap penjualan mobil nasional masih berada di bawah 2 persen.

Mobil listrik BYD Dolphin di IIMS 2024Kompas.com/Donny Mobil listrik BYD Dolphin di IIMS 2024

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan kendaraan listrik pada 2023 mencapai 17.038 unit. Jumlah tersebut setara dengan 1,69 persen dari total penjualan mobil nasional 2023 yang sebanyak 1.005.802 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com