Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengecekan Kaki-kaki Mobil Lebih Akurat dengan Alat Ini

Kompas.com - 18/02/2024, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sektor kaki-kaki pada mobil, jadi salah satu yang menentukan kenyamanan dalam berkendara, termasuk soal keamanan. Karena itu penting untuk melakukan pengecekan secara berkala.

Seperti diketahui, selain mesin, kaki-kaki mobil juga memiliki kerja dengan beban yang cukup berat. Hal ini karena selain harus menampung bobot kendaraan, juga jadi bagian yang langsung menerima dampak ketika melewati kondisi jalan yang kurang baik.

Pengecekan kaki-kaki bisa dilakukan dengan beragam cara, paling baru bisa menggunakan perangkat Kyoto Shakin Machine yang saat ini hadir di bengkel Rotary Auto Veteran, Jakarta Selatan.

Alat ini memungkinkan pengecekan kaki-kaki secara lebih tepat, cepat, akurat, dan efisien tanpa harus melakukan pengetesan berjalan.

Baca juga: Intip Spesifikasi Hyundai Creta Alpha yang Meluncur di IIMS 2024

Dengan Kyoto Shaking Machine, keempat roda mobil akan diguncangkan untuk mendeteksi adanya bunyi tak normal atau malafungsi yang biasanya timbul bila ada masalah.

Hal ini cukup memudahkan kerja bengkel untuk menentukan diagnosa sumber bunyi di kaki-kaki sehingga lebih akurat.

Rotary Auto telah melakukan uji coba mesin tersebut sejak 15 Desember 2023, hasilnya diklaim telah menyelesaikan masalah kaki-kaki lebih dari 1.000 mobil.

"Kami menyambut baik antusias pengguna mobil yang telah merasakan manfaat langsung dari perangkat ini. Dengan ini saya resmikan outlet yang pertama kami hadirkan di Rotary Auto Cabang Veteran. Ke depan, kami akan lebih menjangkau para pengguna mobil di kota-kota lain di seluruh Indonsia," ucap Ferry Jensen, Founder dan CEO dari Kyoto Indonesia, dalam keterangan resminya, Sabtu (17/2/2024).

Baca juga: Tips Memilih Ban Mobil Listrik yang Tepat

Peresmian Kyoto Shaking Maching di Rotary Auto VeteranRotary Auto Peresmian Kyoto Shaking Maching di Rotary Auto Veteran

Ferry menjelaskan, ke depannya mesin ini juga akah hadir di jaringan bengkel mitra yang ada di Bekasi, Depok, Jakarta, Sumatera, Maluku, Sulawesi, dan Papua. Bahkan pihaknya ikut membuka peluang kemitraan untuk bengkel mobil yang tertarik dengan berbagai macam keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com