Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Raize Pakai Ubahan pada Kaki-Kaki, Tampil Makin Sporty

Kompas.com - 14/01/2024, 09:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Raize mulai meramaikan jalanan Indonesia sejak 2021 lalu. Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ringkas ini memang membawa banyak kelebihan yang membuat para pecinta otomotif jatuh hati pada pandangan pertama.

Tak sedikit pula pemilik Toyota Raize yang ingin melakukan modifikasi pada kendaraannya agar tampil lebih menarik. Salah satunya seperti ubahan sederhana yang dilakukan oleh pria bernama Raden Ricky Rachmadi.

Baca juga: Pakai Dinamo Hub-Drive untuk Konversi Motor Listrik, Bikin Baterai Jadi Awet

Raden memfokuskan modifikasi Toyota Raize tipe G 1.0 T CVT lansiran 2022 pada sektor kaki-kaki. Gaya modifikasi simpel dengan konsep alto, namun bisa membuat orang jatuh hati dengan fitment-nya.

Modifikasi kaki-kaki Toyota RaizeDok pribadi Permaisuri Ban Modifikasi kaki-kaki Toyota Raize

“Saya pribadi memang susah banget kalau pegang mobil standar, bawaannya gatal. Jadi mulai (modifikasi) sentuh sektor kaki-kaki,” ucap Raden, kepada Kompas.com, Sabtu (13/1/2024).

Ubahan dimulai dengan memasang pelek Enkei RPF1 16x7j et 43 dan dibalut dengan ban Toyo Open Country 215-70/R16. Namun, tak berselang lama Raden mengganti ban dengan sidewall dan tapak yang lebih agresif.

“Sekarang kita pakai Hankook Dynapro AT2 Xtreme dari Permaisuri Ban profil 225-70/R16 dengan sidewall dan tapak yang lebih agresif dan lagi ban nya cukup langka.

Sebagai penambah absen pada RPF1, ada juga air valve Enkei warna biru dan lugnut Jepang lansiran Cusco yang open end,” kata Raden.

Meski tampak sederhana, namun Raden mengaku mendapatkan kesulitan saat memodifikasi Toyota Raize miliknya, seperti menemukan ukuran pelek dan ban yang pas.

Modifikasi kaki-kaki Toyota RaizeDok pribadi Permaisuri Ban Modifikasi kaki-kaki Toyota Raize

“Pada waktu itu belum nemu Raize atau Rocky yang main gaya alto di Indonesia dan lumayan gambling mengambil ukuran pelek dan ban nya, takut mentok. Pas dicoba akhirnya muat, Alhamdulillah banget, malah ketagihan naik ukuran dari 215 ke 225 biar makin padat,” kata Raden.

Baca juga: Spesifikasi Honda BeAT Listrik Hasil Konversi Nagara

Sementara itu, pada bagian interior, Raden membiarkan tetap dengan tampilan standar. Ia hanya menambahkan beberapa perangkat untuk audio, mulai dari Flux Neo 261 2-way, Carpediem Processor 8ch Mk.II, Zevox Subwoofer hingga memasang peredam Noisekill 2 layers.

Adapun untuk memodifikasi Toyota Raize ini hanya membutuhkan waktu sekitar satu bulan dengan menghabiskan dana sekitar Rp 30 juta sampai Rp 40 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com