Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Tidak Ikut Kasih Garansi Seumur Hidup

Kompas.com - 17/02/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BYD Motor Indonesia memilih momen Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 untuk mengumumkan harga. Selain itu, BYD juga turut memberikan garansi untuk setiap pembelian mobil listriknya.

Tapi, garansi yang diberikan sedikit berbeda dari yang ditawarkan pabrikan China lainnya yang juga memasarkan mobil listrik. Pabrikan lain tersebut berani memberikan garansi seumur hidup pada baterai dan motor listrik.

Baca juga: Spesifikasi MPV Listrik Mewah BYD Denza D9 yang Hadir di IIMS 2024

Garansi seumur hidup ini, pertama kali diumumkan oleh Wuling Motors pada Binguo EV. Setelah itu, baru diikuti oleh Neta pada Neta V dan Chery pada Omoda E5.

BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh JokowiKompas.com/Daafa Alhaqqy BYD Dolphin mejeng di IIMD 2024, jadi salah satu mobil listrik yang diacungi jempol oleh Jokowi

Sementara BYD, tidak memberikan garansi seumur hidup. BYD hanya memberikan garansi 8 tahun atau 160.000 Km untuk baterai dan 8 tahun atau 150.000 Km untuk motor listriknya.

"BYD adalah salah satu produsen baterai lithium terbesar di dunia. Kami juga satu-satunya produsen otomotif yang memiliki teknologi sendiri untuk baterai dan motor listrik, di mana teknologi itu sudah dipatenkan," ujar Presiden Direktur BYD Motor Indonesia Eagle Zhao, kepada wartawan, saat ditemui di booth-nya, di JIExpo Kemayoran, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Pamer Denza D9 di IIMS 2024, BYD Sekadar Tes Pasar

"Jadi, setelah penelitian global dari pasar, kami mendapatkan penawaran yang dapat dipercaya kepada konsumen di seluruh dunia, yakni 8 tahun atau 150.000 Km untuk motor listrik dan 8 tahun atau 160.000 Km untuk baterai," kata Eagle.

Platform mobil listrik BYD dipamerkan di IIMS 2024Kompas.com/Donny Platform mobil listrik BYD dipamerkan di IIMS 2024

Untuk diketahui, mobil listrik BYD dibekali dengan teknologi "Blade Battery". Diberi nama demikian karena bentuknya yang pipih, menyerupai sebilah pisau atau pedang.

Desainnya memungkinkan penempatan sel baterai jadi lebih terorganisir. Sehingga, dapat meningkatkan efisiensi pendinginan dan meminimalkan risiko terjadinya kebakaran, dan masih banyak keunggulan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com