Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman dan Nyaman Bawa Anak Saat Perjalanan Jauh Naik Mobil

Kompas.com - 08/02/2024, 08:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil bersama anak menjadi hal yang menyenangkan, namun membutuhkan perhatian yang ekstra agar perjalanan aman dan nyaman.

Orang tua perlu mempersiapkan kebutuhan anak selama perjalanan jauh, upaya ini dilakukan agar aman terasa aman dan nyaman sehingga tidak rewel saat perjalanan.

Amanda Margia Wiranata, S.Psi., M.Si., Psikolog Kasandra & Associates, Jakarta mengatakan, sebagai orang tua perlu memastikan kondisi anak dalam keadaan aman dan kebutuhannya terpenuhi.

Baca juga: Industri Kendaraan Listrik dan Baterai Jadi Prioritas ESDM

Ilustrasi penumpang anakThinkstockphotos Ilustrasi penumpang anak

“Sebelum melakukan perjalanan pastikan anak tidak dalam kondisi lapar, dan pastikan anak sudah buang air untuk anak yang sudah lepas popok,” ucap Amanda kepada Kompas.com belum lama ini.

Amanda juga menyarankan, bagi para orang tua diharapkan tetap bisa berinteraksi dengan anak agar tidak bosan selama perjalanan.

“Berinteraksi selama perjalanan dengan anak bisa mengurangi kebosanan anak saat perjalanan di waktu yang lama,” ucapnya.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pengemudi arus memberikan perhatian ekstra terutama faktor keselamatan anak kecil di mobil.

Baca juga: Cek Daftar Motor Bebek Februari 2024, Harga dari Rp 14 Jutaan

Penggunaan car seat penting bagi keselamatan si kecil di mobil. 

Dok. Shutterstock Penggunaan car seat penting bagi keselamatan si kecil di mobil.

“Khusus anak yang kakinya belum mencapai dasar kabin, wajib ditempatkan di second row. Selain itu mereka harus menggunakan tempat duduk tambahan seperti booster atau baby seat,” ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri mengatakan, fitur child lock safety sangat penting, terutama saat membawa anak di mobil, dan pastikan juga posisi duduk anak aman.

“Walaupun sudah ada fitur child lock, posisi duduk anak tetap harus diperhatikan, mengingat mereka ketika terjadi pengereman tiba-tiba, sehingga tempatkan anak di baby seat,” ucap Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com