Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Marquez Kesulitan di Hari Pertama Sesi Tes Pra-musim

Kompas.com - 07/02/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gresini Racing bersama kedua pebalap andalannya tampak kesulitan pada hari pertama sesi ter pra-musim di Sirkuit Sepang, Malaysia. Alex Marquez dan Marc Marquez tidak ada yang masuk lima besar pebalap tercepat.

Alex berada di posisi ketujuh, sedangkan Marc di posisi kesembilan. Alex mengaku belum sepenuhnya beradaptasi dengan GP23. Begitu pula dengan Marc yang sampai mengalami masalah teknis dua kali.

Baca juga: Marquez Tolong Morbidelli Saat Kecelakaan, Sempat Tak Sadar

"Sejujurnya, lebih buruk dari (GP) 22 pada saat ini. Kami harus beradaptasi dengan lebih baik," ujar Alex, dikutip dari Crash.net, Rabu (7/2/2024).

Alex Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, MalaysiaDok. Gresini Racing Alex Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia

"Di sesi terakhir hari itu kami menemukan sesuatu. Saya bisa mencatatkan waktu 1 menit 58,5 detik dengan ban bekas. Ini bukan waktu yang buruk. Kami perlu melihat apakah ini cara yang harus diikuti atau apakah kami perlu mengubah lebih banyak," kata Alex.

Alex menambahkan, dengan GP22, dia merasa lebih baik saat di Sirkuit Sepang tahun lalu. Khususnya, pada area tikungan, di mana dia merasa sangat kesulitan kali ini.

Baca juga: Kepala Mekanik Marc Marquez yang Baru Masih Pedekate

"Saya menggunakan set-up yang tidak saya sukai. Saya mengalami banyak masalah, gerakan-gerakan besar. Kemudian, ketika kami mencoba putaran terakhir, itu jauh lebih baik," kata Alex.

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, MalaysiaDok. Gresini Racing Marc Marquez saat sesi tes pra-musim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia

"Kami tidak memiliki banyak margin untuk berkembang. Untuk hari pertama, perasaannya tidak buruk. Saya mengendarai motor, mendekati titik pengereman dengan cara yang benar. Kami harus bahagia untuk itu," ujarnya.

Sedangkan Marc mengalami masalah teknis hingga dua kali. Dia pun akhirnya diberitahu bagaimana cara benar mengendalikan motor Ducati.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

"Mereka menjelaskan kepada saya sesuatu yang perlu saya pelajari. Saya percaya diri, saya memasukkan gigi, dan saya mendapatkan momen itu," ujar Marc.

Saat mengalami masalah teknis tersebut, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna langsung mendatangi paddock Gresini Racing. Beberapa staf dari Ducati juga terlihat membantu untuk menyelesaikan masalah teknis tersebut.

"Salah satu rahasia Ducati adalah mereka merawat semua motornya. Tentu saja, para pebalap pabrikan, mereka akan lebih banyak berada di dalam paddock. Tetapi, jika Anda memiliki masalah, mereka akan menangani semua pebalap. Ini adalah salah satu rahasianya. Ini adalah cara untuk belajar, untuk memperbaiki masalah untuk semua motor," kata Marc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com