Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, 905.392 Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 07/02/2024, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 905.392 kendaraan diprediksi akan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode H-1 Isra Miraj, sampai H+2 Tahun Baru Imlek 2024 atau dari 7-12 Februari 2024.

Jumlah tersebut naik 6,3 persen dibandingkan kondisi lalu lintas normal, yang merupakan kumulatif dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yakni Cikupa arah Merak, Ciawi arah Puncak, Cikampek Utama arah Trans-Jawa, dan Kalihurip Utama arah Bandung.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, pihaknya telah memastikan kesiapan layanan operasi, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata seperti, Jagorawi, Jakarta-Cikampek, serta Cipularang untuk yang menuju arah Trans-Jawa dan Bandung.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Bahaya dan Sanksi Lindas Garis Chevron di Jalan Tol

Selain memastikan keberfungsian peralatan, Lisye menjelaskan, pihak juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi.

GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.

 

Penempatan petugas di titik rawan kepadatan juga dilakukan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan.

"Melalui diskresi Kepolisian, Jasa Marga juga siap mendukung rencana rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung," kata Lisye dalam keterangan resminya, Selasa (6/2/2024).

Distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah, mayoritas menuju arah Timur ke Trans-Jawa dan Bandung dengan prediksi 424.918 kendaraan atau 47 persen. Lalu 29 persen menuju Merak, dan sebanyak 220.071 kendaraan atau 24 persen ke Puncak.

Untuk arah Trans-Jawa, lalu lintas meninggalkan Jabotabek melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek meningkat 191.632 kendaraan atau sebesar 17,3 persen. Sementara yang menuju Bandung via GT Kalihurip Utama meningkat 20 persen atau sebanyak 233.287 kendaraan.

Baca juga: Dua Mobil Baru Hyundai Siap Meluncur di IIMS 2024

Anggota Satlantas Polres Semarang mengarahkan kendaraan untuk contraflow di jalan tol KM427KOMPAS.com/Ist Anggota Satlantas Polres Semarang mengarahkan kendaraan untuk contraflow di jalan tol KM427

Lalu lintas dari Jabotabek yang menuju Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 260.403 kendaraan. Jumlahnya lebih rendah 6,2 persen dari kondisi normal.

Sedangkan yang ke arah Puncak via Jalan Tol Jagorawi, meningkat 1,8 persen dari kondisi normal dengan prediksi sebanyak 220.071 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com