Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segini Biaya Perbaikan Kerusakan Rem ABS Yamaha XMAX

Kompas.com - 04/02/2024, 09:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu penyakit pada Yamaha XMAX adalah kerusakan pada modul ABS, yang terjadi akibat merembesnya minyak rem. Gejalanya, dari performa rem yang terasa kurang pakem, bahkan sampai sistem ABS yang mati.

Di bengkel resmi, biaya perbaikan modul ABS terbilang mahal. Karena bengkel resmi hanya menjual satu set modul ABS dan tidak menyediakan komponen secara terpisah.

Oleh sebab itu, konsumen yang mengalami kerusakan pada modul ABS, sebaiknya mengunjungi bengkel spesialis yang secara khusus dapat mengerjakan masalah tersebut.

Baca juga: Penyakit Kronis Yamaha XMAX, Sistem Rem Bermasalah

Contoh modul ABS XMAX dengan kondisi minyak rem rembes dan merusak dinamo modul ABSDok. ABS Motor Contoh modul ABS XMAX dengan kondisi minyak rem rembes dan merusak dinamo modul ABS

Sumardiyono, pemilik bengkel ABS Motor spesialis skutik Yamaha di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, tidak semua kerusakan pada modul ABS dapat diservis.

“Tergantung problemnya, kalau sampai PCB-nya korosi atau terbakar, sudah enggak bisa. Harus ganti satu set modul,” ujar Sumardiyono, kepada Kompas.com (3/2/2024).

“Tapi ada problem yang bisa diservis, misal cuma rembes, atau dinamonya mati, atau macet, itu masih bisa diselamatkan bearing-nya atau dinamonya saja,” kata dia.

Baca juga: Harga LCGC Bekas per Februari 2024, Datsun Go mulai Rp 63 Jutaan

Menurutnya, biaya penggantian spare part pada komponen modul ABS, seperti dinamo atau rumah hidrolik, harganya berkisar Rp Rp 225.000 sampai Rp 1,2 juta.

“Kalau orisinal Yamaha, dia enggak jual seperti itu, harus satu set modul assy. Harganya Rp 7 juta untuk XMAX. Itu untuk kerusakan parah, harus ganti semua,” ucap Sumardiyono.

Adapun mengantisipasi kebocoran pada master rem yang dapat berdampak pada modul ABS, Sumardiyono menyarankan, agar pemilik XMAX melakukan perawatan rem secara khusus tiap 10.000 Km atau satu tahun sekali.

“Untuk biaya mengecek dinamo modul ABS dan kuras minyak rem sekitar Rp 185.000, itu XMAX dan NMAX,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com