Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Melewati Parkiran Spiral yang Aman dan Benar

Kompas.com - 02/02/2024, 19:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan memasuki gedung tinggi, pengendara kendaraan bermotor umumnya akan melewati jalan spiral atau ramp spiral. Hal ini akan membuat pengendara khususnya mobil kesulitan jika tidak terbiasa.

Masih ada pengemudi mobil yang takut jika melewati ramp spiral, karena tidak tahu seberapa patokan setirnya, mengingat dimensi ruang yang minim membuat manuver kendaraan terbatas.

Membutuhkan kemampuan lebih untuk bisa melewati ramp spiral ini, jangan memaksa dan jika merasa tidak pas jangan diteruskan.

Baca juga: Setelah Burgman Street 125EX, Suzuki Siapkan Motor Sport Model Baru

Parkiran Mal Metro Cipulir yang berada di bantaran Sungai Pesanggrahan.KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR Parkiran Mal Metro Cipulir yang berada di bantaran Sungai Pesanggrahan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, melewati ramp spiral memang tidak posisi setir yang pasti, karena setiap jalannya memiliki ukuran yang berbeda.

“Untuk seberapa banyak posisi setir di belokan spiral tidak ada ukuran yang pasti, karena setiap tanjakan atau turunan spiral tidak ada yang sama lebar jalan dan lingkarnya,” ucap Roslianna kepada Kompas.com, Jumat (2/2/2024).

Meski begitu, Roslianna mengatakan, ada patokan yang bisa digunakan ketika melewati ramp spiral.

Baca juga: Interval Ganti Busi Mitsubishi Xpander

“Namun, kita dapat menggunakan patokan dengan memastikan pembatas jalan tengah, dimana berada sejajar dengan ujung kanan wiper sebelah kanan hingga ujung kaca sebelah kanan,” kata Roslianna.

Roslianna juga menambahkan, ketika melewati ramp spiral tidak boleh menyalakan lampu hazard.

“Lampu depan atau lampu jarak jauh, kalau tidak gelap nggak usah dinyalakan. Gak perlu kasih tanda juga karena kan pasti ada pembatas tengah,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com