Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Trik Aman Parkir Mobil di Tanjakan dan Turunan, Setir Dibelokkan

Kompas.com - 23/01/2024, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap negara biasanya memiliki kebiasaan parkir mobil yang berbeda. Semisal, di Indonesia para pemilik kendaraan lazimnya menggunakan batu untuk mengganjal mobil agar tidak meluncur saat parkir di tanjakan atau jalan menurun.

Namun, berbeda dengan negara Amerika Serikat. Dijelaskan oleh akun Instagram @leo_edw. Masyarakat AS memiliki kebiasaan di mana setiap pemilik kendaraan akan membelokkan roda ke salah satu sisi yang paling dekat dengan trotoar saat parkir di tanjakan atau jalan menurun.

Hal ini bertujuan agar ketika mobil mengalami rem blong, trotoar tersebut bisa menahan ban kendaraan untuk meluncur ke jalan raya.

Baca juga: Tim Ducati Lenovo MotoGP Resmi Rilis Motor Balap 2024

“Di Amerika, parkiran di jalanan naikan atau turunan wajib putar rodanya. Aku lagi ada di Downtown Seattle, disini tuh kayak San Francisco agak berbukit dan jalan nya lumayan nanjak. Nah kalau kalian perhatikan semua mobil yang parkir di tepi jalan ini rodanya dibelokkan ke sini (menunjukkan sisi kiri dekat trotoar) semua tuh mobil depan juga sama,” kata pria dalam video tersebut.

“Ini antisipasi, supaya kalau rem nya blong mobilnya bakal nabrak trotoar ini dan enggak bakal terjun lurus ke bawah. Lihat sekarang kita di tanjakan menghadap ke atas ini arahnya udah beda guys, jadi mobilnya bakal ketahan trotoar ini kalau rodanya kayak gitu,” lanjut pria tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Leonardo Edwin (@leo_edw)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, memang betul bahwa metode dalam video tersebut bisa menahan laju kendaraan ketika rem mobil tidak bekerja secara maksimal.

“Tapi ingat dan pastikan trotoarnya harus cukup tinggi untuk menahan ban ditambahkan dengan memasukkan gigi satu (untuk mobil manual) di tanjakan dan gigi mundur di turunan,” ucap Sony, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/1/2024).

Sony melanjutkan, cara tersebut sebetulnya lebih ampuh dibandingkan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengganjal kendaraan menggunakan batu saat parkir di tanjakan atau turunan.

Baca juga: Klaim Kelebihan Baterai LFP yang Dipakai Mobil Listrik BYD

“Yang di video di atas wajib dilakukan, posisi ban mobil lurus itu membuat daya luncur lebih lancar, maka sebaiknya sedikit dibelokkan,” kata Sony.

Namun Sony mengingatkan, pada dasarnya parkir di jalan menanjak atau menurun tidak disarankan terkait keselamatan.

“Sebenarnya secara safety tidak disarankan untuk parkir di tanjakan atau turunan. Kita tahu ada risiko-risiko kendaraan bergerak akibat daya dorongnya. Jadi, sebaiknya ambil alternatif jalan yang datar untuk parkir tapi kalau enggak ada berarti persis lakukan seperti yang ada di video,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com