Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Parkir Mobil yang Aman di Tanjakan dan Turunan

Kompas.com - 18/01/2024, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Parkir mobil di tanjakan dan turunan memerlukan keahlian khusus dan tidak boleh sembarangan, sebab jika terjadi kesalahan bisa mengakibatkan kerugian bagi pemilik kendaraan dan orang lain.

Apalagi jika ada komponen rem yang tidak berfungsi dengan baik dan membuat mobil mengalami masalah di tanjakan atau turunan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susman mengatakan, kunci parkir di tanjakan dan turunan adalah mobil tidak bergerak.

Baca juga: Pertamina Sebut Pertamax Green 92 Pengganti Pertalite Masih Dikaji

Honda CR-V bekas lansiran 2014, tersedia di bursa mobil bekasOLX Autos Honda CR-V bekas lansiran 2014, tersedia di bursa mobil bekas

“Prinsip parkir di tanjakan atau turunan adalah bagaimana kendaraan tidak bergerak ketika sudah ditinggal pemiliknya dan sudah di parking brake dan lainnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (17/1/2024).

Sony mengatakan, kondisi mobil bergerak ketika parkir di turunan dan tanjakan saat sudah di parking brake memang tidak bisa diprediksi, tetapi bisa diantisipasi.

Kemudian, yang perlu dilakukan agar aman parkir di turunan dan tanjakan adalah belokan ban mobil ke luar badan jalan.

Baca juga: Toyota dan Pertamina Mulai Bangun Stasiun Pengisian Hidrogen

Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurunsfmta.com Ilustrasi parkir mobil di jalan yang menurun

“Pastikan ban di belokan atau diarahkan ke luar badan jalan jika tanpa ada trotoar, sebab di luar badan jalan banyak obstacle. Sehingga ketika kendaraan bergerak harapannya masih bisa tertahan benda-benda yang ada disekitarnya,” ucap Sony.

Namun, jika ada trotoar di jalanan turunan dan tanjakan pengemudi bisa mengarahkan ban mobil kesana.

“Jika dilengkapi trotoar, maka arahkan ban ke trotoar terdekat sebagai pengganjal jika meluncur. Misalnya di jalan tanjakan ban diarahkan ke badan jalan dan sebaliknya untuk jalan turunan,” ucap Sony.

Baca juga: Pebalap Tester Yamaha Pesimis Bisa Juara di MotoGP 2024

Modifikasi mobil listrik Great Wall Motor (GWM) Ora 03 berubah jadi seperti Porsche 911 GT3 RS versi hatchback.Dok. Lumga Design Modifikasi mobil listrik Great Wall Motor (GWM) Ora 03 berubah jadi seperti Porsche 911 GT3 RS versi hatchback.

Meski begitu Sony tidak menyarankan untuk memarkirkan mobil di jalan tanjakan dan turunan.

“Tetapi secara safety tidak disarankan untuk parkir di tanjakan atau turunan,” uap Sony.

Sementara itu, Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah mengatakan belokkan setir ketika di tanjakan dan turunan.

“Saat parkir di tanjakan atau turunan sebaiknya setir di belokan 30-40 derajat ke arah trotoar, buat safety seandainya ada masalah di handrem yang tidak bisa berfungsi,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Rabu (17/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com