Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Lawas Bekas Lebih Banyak Dicari Dibanding Model Baru

Kompas.com - 01/02/2024, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Avanza Lawas Bekas Lebih Banyak Diminati Dibanding Model Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) saat ini masih menjadi kendaraan keluarga yang paling diminati di pasaran otomotif Indonesia.

Hal ini terlihat dari berbagai produsen mobil di Tanah Air yang menyediakan varian MPV mereka dengan harga yang variatif dan juga kompetitif untuk para konsumennya.

Tidak hanya mobil baru, pasaran mobil bekas pun kerap menjadi sasaran untuk mendapatkan mobil pilihan mereka. Selain karena harganya jauh lebih murah, modelnya juga lebih beragam berdasarkan tahun.

Salah satu model yang banyak diminati oleh konsumen mobil bekas adalah Toyota Avanza lawas.

Baca juga: Ada Tetesan Air di Kolong Mobil, Apa Penyebabnya?

Tika, dari showroom Sinar Harapan Motor, Pasar Mobil Kemayoran, di Jakarta Pusat, mengatakan, saat ini konsumen mobil bekas banyak yang lebih memilih Avanza model lawas dibandingkan generasi terbaru.

“Sekarang banyak yang cari tahun 2015-2016, karena dari harga masih terjangkau. Kalau Avanza orang lebih suka model lama, karena kalau model baru katanya mesinnya lebih rewel, kalau yang dulu tahan banting,” kata Tika, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024).

Test drive mobil bekas All New Toyota Avanza milik mobil88Kompas.com/Donny Test drive mobil bekas All New Toyota Avanza milik mobil88

Sementara itu, Andi, pemilik showroom mobil bekas Jordy Motor yang berlokasi di MGK Kemayoran mengatakan, kebanyakan konsumen memilih Avanza lawas lantaran masih bekali sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD).

“Setahu saya karena Avanza lama masih penggerak roda belakang dan Avanza model baru berpenggerak roda depan. Kalau rewel lebih kepada pemilik, apakah merawat mobilnya dengan baik atau tidak,” kata Andi.

Baca juga: Tips Modifikasi SUV Gaya Rally Raid, Mulai dari Pelek dan Kepet

Seperti diketahui, mobil dengan penggerak roda depan atau FWD kerap dianggap memiliki kelemahan saat menanjak. Hal ini lantaran tumpuan mobil terpusat pada ban bagian belakang dampak dari gaya gravitasi bumi.

Kendati demikian, FWD memiliki keunggulan lain salah satunya lebih efisien dibandingkan mobil berpenggerak roda belakang.

Dengan konstruksi yang sederhana, mobil penggerak roda depan mempunyai kelebihan memiliki bobot lebih ringan. Dengan begitu kinerja mesin menjadi lebih ringan dan efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com