Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO ALS Meluncur, Siap Layani Trayek Medan-Bogor

Kompas.com - 01/02/2024, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Antar Lintas Sumatera atau dikenal PO ALS, resmi merilis satu unit bus baru dari garasi Karoseri Tentrem, belum lama ini. Bus baru ini tampil lebih modern dan juga gahar dibandingkan bus generasi sebelumnya menggunakan bodi Avante H8.

Bodi bus Avante H8 punya tinggi hanya 3,8 meter, sehingga punya keunggulan bagasinya bisa untuk membawa motor kendati hanya satu dek.

Selain itu, bodi Avante H8 juga dibuat khusus untuk dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Oleh karena itu bus tersebut digendong oleh sasis Mercedes Benz 1626 Euro 4.

Baca juga: Balap Liar di Jalan Raya Makin Marak, Telan Korban Jiwa

Generasi ketiga dari salah satu pemilik armada PO ALS Sewan Delrizal Lubis memberikan bocoran nantinya bus itu akan dipergunakan untuk memperkuat divisi bus AKAP trayek lintas pulau. 

"Kabarnya untuk rute Bogor-Medan," kata Sewan kepada Kompas.com, Rabu (31/1/2024). 

Bus baru PO ALSInstagram @mass.arkan Bus baru PO ALS

Baca juga: Cara Mudah Rawat Power Window biar Panjang Umur

Kendati tampil lebih mewah dan modern, Sewan memastikan harga tiket bus tidak berubah. Sebab bus tersebut nantinya tetap akan diperuntukan sebagai layanan kelas ekonomi. Saat ini tiket bus PO ALS Trayek Bogor-Medan atau sebaliknya dibanderol mulai dari Rp 400.000. 

"Harga tiketnya masih sama tidak berubah," kata Sewan. 

Hanya saja kapan bus tersevut akan pergunakan untuk secara perdana melayani penumpang masih dirahasiakan. Seceara visual, unit baru milik PO yang terkenal dengan julukan Si Raja Jalanan itu masih menggunakan desain DNA dari bus sebelumnya.

Bodi bus menggunakan warna hijau tua dengan dengan livery garis oranye, biru, kuning dan abu-abu pada bodi samping bus.

Pada bodi belakang atau di kap mesin masih disematkan gambar pulau Jawa dan Sumatera, hanya saja kali ini ukurannya lebih mini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com