Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki: Maaf, Saluto 125 Tidak Dijual di Indonesia

Kompas.com - 31/01/2024, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar skutik bergaya retro di Indonesia bakal makin ramai. Setelah kehadiran Yamaha Grand Filano, Honda tampaknya akan segera merilis produk baru yang diduga bernama Stylo 160.

Suzuki sebetulnya punya produk yang bermain di segmen sama, yaitu Suzuki Saluto 125 yang telah dijual di Taiwan.

Apabila produk ini meluncur juga di Indonesia, tentu akan jadi pesaing serius Grand Filano dan calon skutik retro dari Honda.

Baca juga: Jenis BBM yang Direkomendasikan untuk Mitsubishi Xpander

New Suzuki Saluto 125Foto: Greatbiker New Suzuki Saluto 125

Namun demikian, Yohei Shinozaki, Marketing Director Division Head Sales & Marketing 2 Wheels PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, pihaknya tidak berminat meluncurkan Suzuki Saluto 125.

“Mohon maaf Saluto tidak masuk sini. Saluto itu dibuat khusus pasar Taiwan, dari fitur sampai emisinya, tidak sesuai ke negara lain,” ujar Shinozaki di Cikarang (24/1/2024).

Selain modelnya yang diklaim kurang cocok buat pasar Indonesia, dari sisi harga dan pajak juga dirasa terlalu mahal buat konsumen Tanah Air.

Baca juga: Gonta-ganti Merek Oli Bisa Bikin Motor Turun Mesin?

“Terus masalah pajak juga, kalau kami impor ke sini mungkin harga jualan di pasar bisa Rp 60 jutaan sampai Rp 70 jutaaan. Karena di Taiwan sendiri sudah Rp 40 jutaan kalau tidak salah,” ucap Shinozaki.

“Jadi kalau bayar pajak di Bea Cukai Indonesia harganya tambah lagi. Kalau (Saluto) Rp 70 juta enggak ada yang mau beli,” kata dia.

Berdasarkan spek di atas kertas, Saluto 125 mengusung mesin 124 cc dengan bore x stroke, yakni 52,5mm x 57,4mm. Menghasilkan 9,26 tk pada 7.000 rpm dan torsi 10 Nm pada 6.000 rpm.

Baca juga: Bocoran Mobil Hyundai yang Meluncur di IIMS 2024

Suzuki Saluto 125GREATBIKER.com Suzuki Saluto 125

Sementara itu, ban depan dan belakang pakai pelek ukuran 10 inci. Tangki bahan bakar memiliki kapasitas 5,5 liter. Suzuki mengklaim efisiensi bahan bakar mencapai 62,21 km per liter.

Adapun fitur yang tersedia mencakup remote safety key, colokan untuk charging model USB 5V 2A, panel meter LCD, penerangan full LED, dan bagasi cukup moderat di bawah jok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com