Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Performa dan Konsumsi BBM Motor Sport TVS Ronin

Kompas.com - 28/01/2024, 09:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – TVS Ronin mengusung mesin yang terbilang sederhana dibandingkan motor-motor keluaran baru. Namun demikian, mesin ini memberikan beberapa kelebihan buat pengendara.

Catatan di atas kertas, dapur pacu Ronin memiliki spesifikasi 225 cc (bore x stoke: 66 x 66 mm) 4 tak 1-silinder 5-speed SOHC 4 katup injeksi berpendingin udara dengan tambahan oil cooler.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 20,2 Tk pada 7.750 rpm dan torsi 19,93 Nm pada 3.750 rpm, dengan bobot mencapai 160 Kg. Artinya, power to weigt ratio motor ini sekitar 0,126 Tk per Kg.

Baca juga: Fakta Kecelakaan Maut di Simalungun, Sopir Truk Fuso Positif Narkoba

Test ride TVS RoninKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test ride TVS Ronin

Meskipun kapasitasnya tergolong besar, mesin Ronin asyik buat berkendara harian. Posisi duduknya terbilang santai dan joknya empuk.

Buat pengendara dengan tinggi 163 Cm, ketinggian jok Ronin masih bisa ditolerir. Saat pengendara coba duduk di belakang pun, posisinya masih terbilang nyaman.

Salah satu yang menarik dari motor ini adalah kehadiran fitur Glide Through Technology (GTT) pada mesinnya. Fitur ini memungkinkan mesin melaju dengan merayap saat berada di posisi gigi rendah, tanpa gejala mau mati.

Baca juga: Update Skandal Daihatsu, Sertifikasi Gran Max Dicabut Lagi

Jadi pengendara tinggal melepas kopling secara perlahan, tanpa perlu memainkan putaran gas. Alhasil motor terasa mudah dan nyaman dipakai harian, terutama saat macet-macetan di tengah kota.

Tapi kekurangannya memang ada di bobot kendaraan, yang cukup berat buat motor harian. Alhasil pengendalian motor ini memang butuh pembiasaan. Terutama bagi yang baru berpindah dari skutik ke motor sport.

Kemudian beralih ke knalpot, yang suaranya seperti knalpot bobokan. Jadi, meskipun pakai knalpot standar, suaranya cukup menggugah buat berkendara. Terasa lebih bulat dan mengingatkan pada motor-motor lawas.

Baca juga: Sering Mengemudi Pelan Ternyata Bisa Membuat Mobil Cepat Rusak

Mesin TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin TVS Ronin

Selama mengendarai motor dalam beberapa hari, Test Rider Kompas.com juga tak merasakan hawa panas dari sektor mesin. Baik itu ketika dipakai di kemacetan atau jalan lancar, berkendara dengan Ronin aman dari panas.

Lalu soal getaran, rupanya masih terasa di Ronin. Tapi saat putaran mesin tinggi saja, sementara ketika berjalan pelan terbilang halus.

Walaupun ketika dipakai harian, sebetulnya pengendara bakal jarang merasakan getaran. Sebab bakal jarang sampai rpm tinggi, lantaran baru putaran 4.000-5.000 rpm sudah pindah gigi.

Baca juga: Aksesori Mobil yang Paling Banyak Dicari Konsumen Innova Zenix

Test ride TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride TVS Ronin

Lantas bagaimana soal konsumsi BBM? Berdasarkan pengetesan redaksi Kompas.com ketika dipakai di rute dalam kota yang macet dan lengang, sanggup menghasilkan 35,8 Km per liter.

Artinya, dengan tangki BBM berkapasitas 14 liter, secara matematis Ronin sanggup melaju hingga 501,2 Km saat full tank.

Sebagai informasi, motor kami isi dengan BBM RON 92 dan penghitungan konsumsi BBM dilakukan dengan metode full to full.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com