Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Jalan All New Honda CR-V Turbo Jakarta ke Ciwidey

Kompas.com - 27/01/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Agustus 2023 lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan All New Honda CR-V Turbo.

Data di atas kertas, CR-V Turbo mengusung mesin 1.500 cc DOHC 4 silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo + DBW yang mampu menghasilkan tenaga 190 Ps atau 187 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 240 Nm pada 1.700 sampai 5.000 rpm.

Sport utility vehicle (SUV) ini juga dibekali dengan desain eksterior yang sporty, serta beragam fitur unggulan yang menjadi modal untuk merebut hati konsumen masyarakat.

Baca juga: MG Klaim Kantongi Ribuan Pemesanan ZS EV

Tim redaksi mendapat kesempatan untuk mengajak jalan Honda CR-V Turbo ke luar kota. Perjalanan dimulai dari Palmerah, Jakarta Barat, melalui Tol Dalam Kota, dilanjutkan dengan rute non tol menuju Ranca Upas, Ciwidey, Bandung.

Menjajal All New Honda CR-V TurboKompas.com Menjajal All New Honda CR-V Turbo

Ketika pertama kali duduk dibalik kemudi, Honda CR-V menyajikan aura sporty dan mewah berkat dominasi kabin berwarna hitam dengan sedikit aksen wood.

Sebelum berkendara, ritual yang dilakukan mencari posisi yang nyaman. CR-V Turbo ini sudah dilengkapi jok electric serta kemudi tilt dan telescopic, sehingga pengendara bisa mendapat posisi mengemudi yang ergonomis.

Bagian pilar A tidak begitu tebal membuat visibilitas pengemudi cukup baik, dari sisi depan-belakang maupun kanan-kiri.

Usai mendapat posisi duduk yang nyaman, langsung injak pedal rem dan geser transmisi CVT ke D. Tak lupa nonaktifkan tombol electronic parking brake, seketika mobil mulai bergerak masuk ke jalan raya.

Baca juga: BMW Siap Luncurkan Dua Mobil Listrik Pekan Depan

All New Honda CR-V TurboKompas.com All New Honda CR-V Turbo

Saat menginjak pedal gas, dari putaran bawah tenaga sudah bisa dirasakan. Tak ada jeda yang berarti ketika pedal gas langsung kickdown. Transmisi CVT juga membuat mobil ini melesat dengan halus tanpa entakan.

Dari sisi handling, mobil ini juga terbilang cukup baik. Ketika berbelok pada kecepatan 50 Kpj, terasa lebih rigid, efek body roll masih terasa, tapi minim.

Saat membawa CR-V Turbo masuk ke jalur bebas hambatan dan mendapat kondisi lalu lintas yang sepi, pedal gas kami injak lebih dalam. Hasilnya tak butuh waktu lama bagi CR-V Turbo menyentuh kecepatan 100 Kpj.

Pada putaran atas, tenaga mobil masih terisi. Mesin Turbo 1.500 cc cukup memuaskan. Apalagi ketika pedal gas di kick down tak butuh waktu lama untuk CR-V Turbo langsung berakselerasi.

Baca juga: Jajal Fitur Canggih All New Honda CR-V Turbo

All New Honda CR-V TurboKompas.com All New Honda CR-V Turbo

Menariknya meski memiliki ground clearance lumayan tinggi sebagai SUV, namun gejala limbung ketika bermanuver pada kecepatan di atas 60 Kpj masih bisa ditoleransi dengan baik.

Bantingan suspensi juga sangat bersahabat, saat melewati sambungan jembatan Tol Mohamed Bin Zayed (MBZ) dengan kecepatan 90 Kpj, guncangan di kabin masih bisa dimaklumi. Bahkan kabin juga dibuat cukup senyap dengan sistem peredaman yang baik.

Baca juga: Honda Resmikan Bengkel Bodi dan Cat Terbesar di Jawa Timur

Secara keseluruhan, Honda CR-V Turbo menawarkan sensasi berkendara yang fun to drive. Banderol Rp 749,1 juta dengan sejumlah fitur dan kenyamanan berkendara yang ditawarkan mobil ini bisa dibilang value for money bagi sebagian kalangan, tapi bukan untuk "kaum mendang-mending".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com