Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Fitur Canggih All New Honda CR-V Turbo

Kompas.com - 26/01/2024, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan eksterior dan interior, kini saatnya mengulas fitur andalan Honda CR-V Turbo 1.5 L.

Generasi anyar dari Honda CR-V ini dibekali dengan berbagai teknologi canggih yang diperuntukkan untuk kemudahan bagi penggunanya saat berkendara.

Honda CR-V Turbo dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang sudah terintegrasi MP3/WMA, USB Port, Bluetooth, hands-free telephone, AM/FM radio, serta Smartphone Connection.

Baca juga: Unit Taksi Listrik Blue Bird Tidak Hanya Pakai BYD

Mobil ini juga sudah dibekali dengan electric seat untuk kursi pengemudi dan penumpang di depan, drive memory seat, ambient color (white), wireless charging, serta panoramic sunroof.

Tim redaksi juga berkesempatan untuk membedah fitur keselamatan yang ada pada SUV premium asal Jepang itu.

All New Honda CR-V TurboKompas.com/Nanda All New Honda CR-V Turbo

Sebagai informasi, All New CR-V Turbo sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif yang terdapat dalam teknologi Honda Sensing, yang meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow (LSF).

Ada juga Lane Keeping Assist System (LKAS), Lane Car Departure Notification (LCDN) dan (Auto High-Beam) AHB.

Fitur tersebut cukup bekerja dengan baik, seperti contoh sensor LKAS yang membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi. Kalau mobil terdeteksi melenceng dari lajur, maka akan memberikan getaran dan visual.

Sempat mencoba fitur ACC with low speed follow. Dengan fitur ini, kendaraan dapat menyesuaikan kecepatan dan jarak dengan kendaraan yang berada di depan.

Fitur Lane Departure Honda CR-V TurboKompas.com/Nanda Fitur Lane Departure Honda CR-V Turbo

Secara garis besar fitur ini menggunakan radar dan camera untuk mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil di depannya, serta mengatur kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak ideal.

Selain itu, Honda CR-V Turbo juga sudah dibekali dengan Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu.

Tim redaksi juga sempat mencoba fitur ini di jalan menanjak dengan kemiringan 16 derajat. Hasilnya, fitur tersebut mampu menahan mobil hingga 3 detik sebelum akhirnya bergerak mundur.

Ada juga fitur Hill Descent Control yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan kendaraan saat menuruni jalan yang curam.

All New Honda CR-V TurboKompas.com/Nanda All New Honda CR-V Turbo

All New Honda CR-V Turbo mendapat beberapa fitur keselamatan yang cukup mumpuni seperti 8 airbags, Vehicle Stability Assist, Seatbelt Reminder, Driver Attention Monitoring, Emergency Stop Signal.

Tak hanya itu, fitur Brake Override System, ISOFIX & Tether, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Parking Sensor, serta Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS), dan APAR.

Baca juga: Petualangan Daihatsu Terios ke-7 Destinasi di Ternate dan Halmahera

Secara keseluruhan, All New Honda CR-V Turbo memiliki sejumlah teknologi dan fitur keselamatan yang mumpuni bagi pengemudi dan penumpang, meski harga yang ditawarkan cukup tinggi yakni Rp 749.100.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com