Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Lagi Kasus Bajing Loncat, Pengemudi Lain Bisa Bantu Tegur

Kompas.com - 26/01/2024, 06:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi bajing loncat yang mengambil barang di atas truk ketika sedang berjalan masih saja terjadi. Seperti pada video yang diunggah akun fakta.jakarta, ada sejumlah orang yang naik ke bak truk untuk mencuri.

Terlihat di video tersebut, pelaku sempat ditegur oleh yang merekam video yang sekaligus opir truk. Cuma layaknya jagoan, para bajing loncat itu malah lebih galak, tidak terima direkam aksinya.

Tentu kejadian seperti ini sangat meresahkan. Barang yang dicuri bajing loncat tentu jadi kerugian buat si sopir truk maupun pemilik barang yang mengirim.

Baca juga: Selain Pungli, Bajing Loncat Juga Jadi Musuh Sopir Truk

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fakta Group | Fakta Jakarta (@fakta.jakarta)

 

Sebagai pengguna jalan lain yang juga menyaksikan aksi tersebut kadang juga geram, ingin bantu sopir truk. Cuma, membantu dengan cara seperti apa yang paling tepat, itu yang harus diketahui.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, benar buat pengguna jalan lain untuk menegur, cuma harus hati-hati dan tidak sembarangan.

"Benar memang menegur dan mengingatkan driver, tapi itu berisiko karena umumnya mereka (bajing loncat) bertindak dengan perhitungan yang matang. Jadi teman-temannya sudah siap jika ada pihak lain yang mengganggu," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (25/1/2024).

Baca juga: Bahaya Nyata Nekat Menerobos Lampu Merah


Sony bilang, para pelaku ini sudah punya tempat langganan buat melancarkan aksinya. Biasanya jalan yang dipilih relatif sepi, sehingga bisa dengan mudah melakukan penjarahan.

"Kalau saya pilih tegur, pastikan tidak sendirian di dalam kendaraan. Lalu lintas juga lenggang dan dekat dengan keramaian," kata Sony.

Selain menegur, bisa juga dengan cara rekam aksinya dan dilaporkan ke pihak berwajib, terutama ke bidang kriminal. Seharusnya setelah diberi laporan, akan ada tindakan yang dilakukan Polisi buat menangani aksi bajing loncat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com