Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Retro Kawasaki W175 Cafe, Harganya Rp 36 Jutaan

Kompas.com - 24/01/2024, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pencinta motor gaya klasik tapi mau keluaran paling baru, bisa membeli Kawasaki W175 Cafe. Motor dengan harga Rp 36,4 juta ini tampil dengan desain retro di tengah serangkaian tren modern saat ini.

Kehadiran W175 memang jadi keunikan tersendiri, di mana pabrikan lain merilis motor dengan teknologi yang teranyar, Kawasaki memilih jalan yang berbeda. Motor ini terkesan menawarkan fitur yang relatif sederhana dengan tampilan motor jadul.

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan buat mengetes salah satu varian dari W175 yakni yang varian Cafe. Sebenarnya ada dua model lainnya yang bisa dipilih, W175 standar dan W175 TR.

Baca juga: Kawasaki W175TR Pakai Baju Baru, Harga Tembus Rp 34 Jutaan

Kawasaki W175 CafeKOMPAS.com/ADITYO Kawasaki W175 Cafe

W175 Cafe merupakan model dengan tampilan cafe racer. Jadi ada beberapa tambahan aksesori dibanding yang standar.

Misal di bagian depan, di atas lampu depannya yang berbentuk bulat dan masih pakai bohlam halogen, ada cover sekaligus jadi dudukan pelat nomor. Lalu model joknya juga berbeda, bagian belakangnya agak naik, ala sarang tawon khas cafe racer.

Perbedaan lain antara W175 Cafe dengan yang standar ada di bagian suspensi belakang yang warnanya kuning.

Baca juga: Sudah Dipesan Ratusan Unit, BYD Masih Rahasiakan Harga Dolphin


Basisnya, W175 memang menawarkan motor yang tampilannya jadul. Bahkan semua sistem lampunya masih pakai bohlam, buat sein diberi mika berwarna kuning, makin kental saja rasa retronya.

Bahas desain dari samping, kelihatan tarikan garisnya sangat sederhana. Tangki berbentuk tear-drop dan ada boks di tengah buat sikring dan tempat penyimpanan.

Tangki diberi stiker 175 dan logo W yang timbul. Sedangkan di kotak yang ada di bawah jok dilabeli stiker juga, W175 Cafe tulisannya.

Kawasaki W175 CafeKOMPAS.com/ADITYO Kawasaki W175 Cafe

Soal knalpot, benar-benar klasik, warnanya hitam dengan aksen krom sebagai pelindung. Lalu bentuknya sederhana saja, panjang dan mengecil di bagian ujungnya.

Pada bagian instrument cluster pun sangat sederhana, cuma menampilkan kecepatan, indikator netral, lampu jauh, dan sein. Ada odometer dan trip meter yang masih analog, tidak ada indikator bensin, jadi harus cek sebelum berangkat.

Menurut kami, W175 Cafe ini memang menjual rasanya punya motor klasik tapi baru, kilometernya masih nol dari pabrik. Bisa jadi pilihan yang menarik kalau memang mau mengeluarkan uang Rp 30 jutaan buat motor baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com