Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hummer EV Setir Kanan Meluncur di Indonesia Tahun Ini

Kompas.com - 23/01/2024, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bongsor asal Amerika Serikat GMC Hummer bakal kembali ke Indonesia. Kali ini mobil yang lahir dari ranah militer itu akan dimasukkan oleh Autogroup International (AGI).

Sebagai senjata awal, AGI akan meluncurkan SUV tangguh berjantung listrik Hummer EV ke Indonesia. Menariknya mobil tersebut akan mengusung setir kanan yang sesuai dengan jalur mengemudi di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Baterai SLA di Motor Listrik

Peluncuran bakal berlangsung tahun ini dalam beberapa bulan ke depan. Namun kapan tepatnya belum dikonfirmasi oleh AGI. Boleh jadi peluncuran Hummer EV setir kanan ini menyalip Tesla Cybertuck di Indonesia.

Hummer EV setir kanan meluncur di Indonesia tahun ini.Foto: Hummer Hummer EV setir kanan meluncur di Indonesia tahun ini.

"Autogroup International (AGI) dengan bangga mengumumkan peluncuran SUV Hummer EV 2024 penggerak kanan ke pasar Indonesia dengan unit pertama tiba dalam beberapa bulan," tulis rilis resmi AGI, Selasa (23/1/2024).

Autogroup Internasional merupakan perusahaan karoseri asal Australia, dengan basis pengerjaan di Sri Lanka, yang punya spesialisasi mengubah alias mengonversi mobil setir kiri menjadi setir kanan.

Baca juga: Toyota Sebut Ekspor Mobil ke Meksiko Masih Terhambat

Rob Hill, CEO Autogroup Internasional, mengatakan, pihaknya akan mengonversi Hummer EV Edition 1, Hummer EV 2 (2 motor) dan Hummer EV 3 (3 motor) jadi setir kanan plus fitur-fitur lain.

“SUV Hummer EV penggerak kanan kami sudah dalam produksi dan melanjutkan kesuksesan kami dengan truk pikap Ford F-150 Lightning EV," ujar dia.

Hummer EVFoto: Hummer Hummer EV

"Selama tiga dekade kami telah menjadi mitra konversi kendaraan setir kanan yang tepercaya di seluruh dunia, namun kami belum pernah melihat begitu banyak pemesanan di muka untuk platform kendaraan baru,” katanya.

Menurut Rob Hill, mobil setir kiri yang dikonversi jadi setir kanan buatan Autogroup International telah memenuhi standar ISO 9001:2015 Quality Assurance, dan punya izin serta legalitas buat memasarkan produk.

Sekilas mengenai Hummer EV hadir setelah absen selama 13 tahun. Mobil listrik ini dibekali dinamo yang mampu menghasilkan tenaga 830 Tk, akselerasi dari 0-100 Kpj dalam 3,5 detik, dan menempuh jarak 500 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com