Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Konsumsi BBM SUV Ringkas, XForce, Yaris Cross, dan HR-V

Kompas.com - 22/01/2024, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren Sport Utility Vehicle (SUV) di kancah global ikut menyebar di Indonesia. Buktinya saat ini hampir semua pabrikan roda empat menawarkan jajaran SUV di tiap segmen.

Salah satu segmen yang ramai ialah SUV ringkas atau SUV segmn B. Ada beberapa nama yang hadir di kelas ini mulai dari Mitsubishi XForce, Hyuncai Creta, Honda HR-V SE hingga Toyota Yaris Cross baik yang bensin dan hybrid.

Baca juga: PO Raya Tebar Promo Tiket Bus AKAP Selama Januari 2024

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Sandy Mitsubishi XForce

Pertarungan di kelas ini bukan cuma desain dan fitur, tapi juga nilai konsumsi bahan bakar. Konsumsi BBM penting sebab dengan harga bensin yang mahal, masyarakat biasanya mencari mobil yang irit bahan bakar.

Belum lama ini redaksi melakukan tes konsumsi BBM pada XForce. Hasilnya untuk pemakaian dalam kota berdasarkan MID mencatat angka 14,4 km per liter sedangkan pakai metode full to full mencatat 10 km per liter.

Berdasarkan sebelumnya, hasil tes XForce sedikit lebih baik dari Creta yang menghasilkan 13,4 km per liter, dan dari HR-V SE  di posisi bunci yang dites saat jam sibuk pukul 16.30 WIB-18.00 WIB sebesar 8,5 km per liter.

Baca juga: Marc Marquez Tak Sabar Mau Geber Motor Ducati di Sepang

Honda HR-V SE 1.5LKOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda HR-V SE 1.5L
Yaris Cross standar atau mesin bensin berada di posisi keempat dengan angka 10,1 km per liter, namun Yaris Cross Hybrid berada di posisi pertama karena nilai konsumsinya mencapai 24,5 km per liter.

Untuk diketahui, semua mobil dites dengan waktu berbeda dan situasi yang berbeda pula. Kemudian perlu diketahui, hasil pengetesan dapat berbeda pada setiap orang.

Sebab, konsumsi BBM suatu kendaraan tergantung dari banyak faktor, seperti bahan bakar yang digunakan, cara berkendara, kondisi lalu lintas, tekanan udara pada ban, bobot tambahan dari pengendara dan penumpang, dan lainnya.

Perbandingan konsumsi BBM di segmen SUV ringkas:

1. Toyota Yaris Cross Hybrid: 24,5 km per liter
2. Mitsubishi XForce: 14,4 km per liter
3. Hyundai Creta: 13,4 km per liter
4. Toyota Yaris Cross standar: 10,1 km per liter
5. Honda HR-V SE: 8,5 km per liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com