Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Tol Binjai-Langsa Siap Beroperasi 29 Januari, Tarif Masih Gratis

Kompas.com - 21/01/2024, 12:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjungpura di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sepanjang 19 Km mulai 29 Januari 2024 Pukul 07.00 WIB.

Pengoperasian ruas tol ini menyambung seksi Binjai – Stabat sepanjang 12,3 Km yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022, dan seksi Stabat – Kuala Bingai sepanjang 7,55 Km sejak September 2023.

“Sebelumnya seksi tol ini telah diuji coba terlebih dahulu pada Libur Nataru lalu dengan dioperasikan secara fungsional sejak selama lebih dari dua pekan,” ujar Tjahjo Purnomo Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: Video Viral, Mobil Diesel Diisi Bensin Oktan Tinggi untuk Campuran

Jalan Tol Binjai-Stabat yang ditargekan akan rampung pada tahun 2023Hutama karya Jalan Tol Binjai-Stabat yang ditargekan akan rampung pada tahun 2023

Seperti diketahui, sejak 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024, ruas tol ini telah dilalui sebanyak lebih dari 100.000 kendaraan dengan lancar serta nihil kecelakaan.

Antusiasme masyarakat yang tinggi pada fungsional Nataru lalu serta pemangkasan waktu tempuh yang signifikan, Hutama Karya telah siap mengoperasikan jalan tol ini dari sisi fasilitas maupun kesiapan petugas di lapangan.

“Terdapat sebanyak 62 personil siaga hanya untuk seksi ini, jika digabung dengan petugas dari Binjaihingga Kuala Bingai totalnya mencapai 162 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, derek, ambulans hingga patroli,” ucap Tjahjo.

Baca juga: Bolehkah Menegur Seseorang yang Berkendara Sambil Merokok?

Lebih lanjut Tjahjo, menambahkan bahwa selama masa beroperasi tanpa tarif, Hutama Karya akan melakukan sosialisasi secara masif mengenai aturan berkendara di jalan tol.

“Selama beroperasi tanpa tarif ini pastinya kami sekaligus akan mensosialisasikan aturan berkendaradi jalan tol," Kata Tjahjo.

"Walaupun masyarakat sekitar telah banyak mempelajari aturannya mengingat sebelumnya telah dioperasikan 2 seksi sehingga sudah memahami bahwa aturan di jalan tol cukup berbeda dengan jalan nasional, terutama terkait penggunaan kartu uang elektronik hingga peraturan putar balik kendaraan,” ujarnya.

Baca juga: Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Mitsubishi XForce di Dalam Kota

Gerbang Tol Stabat Ruas Tol Binjai-Pangkalan BrandanHKI Gerbang Tol Stabat Ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan

Meski belum ditetapkan tarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik, khususnya pengguna yang melintas dari arah Kuala Bingai menuju Tanjung Pura atau sebaliknya.

Adapun untuk Tol Binjai - Langsa seksi Binjai - Stabat tetap dikenakan tarif normal karena sudah beroperasi dengan tarif sejak lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com