Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Siapkan Motor Listrik Modular, Berperforma Tinggi

Kompas.com - 20/01/2024, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW terpantau sedang menyiapkan motor listrik baru dengan performa lebih tinggi. Saat ini, sudah ada BMW CE04 yang bentuknya skuter dengan jarak tempuh yang terbatas.

Dikutip dari Cycleworld, BMW memilik paten motor baru yang sepertinya bakal jadi produk yang dimensinya lebih besar ditambah punya performa yang tinggi.

Terlihat, BMW punya paten seperti motor pesaingnya yakni LiveWire dan Can Am. Bentuknya seperti menjadikan baterai struktur sasis monokok dari motor, jadi bagian lain seperti setang sampai swing arm dipasang ke baterai.

Baca juga: Ikuti Tesla, BMW Sediakan Video Gim di Dalam Mobil

Sasis motor listrik baru dari BMWCYCLEWORLD Sasis motor listrik baru dari BMW

Makanya baterai, perangkat elektronik lainnya yang ada di tengah bisa jadi basis buat kendaraan lain dengan spesifikasi yang berbeda. Model motornya juga bisa jadi sangat beragam, bisa dibuat banyak variasi.

Terlihat juga, bagian baterai yang ada di tengah ini yang dilindungi penutup aluminium terdiri dari tiga lapis. Jadi seperti laci saja, ada untuk baterai, control unit, dan perangkat buat mengecas.

Baca juga: Anak di Bawah Umur Pengemudi Fortuner Tabrak Elf, Dua Orang Tewas


Bedanya dengan para pesaing, BMW desain komponen baterainya di atas motor listrik. Jadi cocok dengan penggerak shaft layaknya motor BMW yang pakai mesin boxer.

Lalu di bagian depan ada dudukan buat setang yang berbeda-beda, begitu juga di belakang buat swing-arm. Jadi nantinya bisa dibuat banyak model motor yang berbeda-beda dari basis sasis monokok yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com