Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Resmikan Diler Pertama dengan Konsep Terbaru

Kompas.com - 17/12/2023, 10:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Indonesia belum lama ini meresmikan diler yang mengusung konsep Retail.Next. Diler ini dioperasikan oleh BMW Tunas yang berlokasi di wilayah Tomang, Jakarta Barat.

Konsep Retail.Next adalah inisiatif strategis, lintas fungsi, dan berskala global yang bertujuan untuk memberikan pengalaman pelanggan premium terbaik di kelasnya.

Baca juga: Modifikasi BMW X5, Kaki-kaki Sangar buat Off Road

Maka itu, peresmiannya turut dihadiri oleh beberapa petinggi dari BMW AG, BMW Group Asia, dan BMW Group Indonesia, serta BMW Tunas.

BMW Indonesia meresmikan diler berkonsep Retail.NextDok. BMW BMW Indonesia meresmikan diler berkonsep Retail.Next

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, melalui konsep Retail.Next, BMW Indonesia menghadirkan tiga faktor utama pendorong kesuksesan dan transformasi brand BMW dan MINI.

"Pertama adalah Digitalisasi dalam perjalanan pelanggan dalam pembelian kendaraan BMW, gabungkan pengalaman online dan offline secara ideal. Pengalaman digital memiliki pengaruh yang sangat besar dan mengubah keseluruhan perjalanan pelanggan, digabungkan dengan komponen emosional," ujar Ramesh, dalam keterangan resminya, Jumat (15/12/2023).

Baca juga: Bagnaia Pertahankan BMW M Award, Bawa Pulang BMW XM Red Label

"Kedua, penjualan dapat terjadi secara langsung di showroom maupun secara online, di mana sebelumnya showroom menjadi titik pertama untuk pelanggan melakukan pembelian. Fokus utama dari konsep Retail.Next adalah untuk memenuhi permintaan/kebutuhan pelanggan yang spesifik dan hasilkan loyalitas terhadap brand," kata Ramesh.

BMW Indonesia meresmikan diler berkonsep Retail.NextDok. BMW BMW Indonesia meresmikan diler berkonsep Retail.Next

"Ketiga, pelanggan mencari pengalaman yang menarik yang sesuai dengan kepribadiannya. Pelanggan menuntut pilihan yang fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan pribadi mereka, baik untuk pembelian kendaraan maupun selama tahap penggunaan kendaraan (servis). Showroom akan menjadi tempat untuk mengenal brand BMW lebih dekat, merasakan langsung keseluruhan pengalaman BMW dan maka dari itu BMW Indonesia bersama BMW Tunas menghadirkan Showroom dengan konesep Retail.Next pertama di Indonesia," ujarnya.

Rico Setiawan, CEO BMW Tunas, mengatakan, tahun ini pihaknya membuka BMW Studio pertama di Social Market, Palembang dan untuk menutup tahun ini diresmikanlah showroom Tunas Tomang dengan konsep Retail Next.

"Dari awal kehadiran di showroom, pelanggan akan langsung mendapatkan VIP treatment yang lebih spesial lagi dari sebelumnya. Seluruh proses konsultasi dan penjualan juga banyak mempergunakan alat-alat digitalisasi terbaru seperti EVE (Emotional Virtual Experience) untuk mendemonstrasikan kepada para pelanggan," kata Rico.

Rico menambahkan, pihaknya berharap ke depannya, pelanggan semakin nyaman berkunjung ke BMW Tunas baik untuk berkonsultasi, pembelian, ataupun perawatan kendaraan.

Diler ini memiliki beberapa layanan keunggulan, seperti VIP Experience, pengalaman Digital In-Store, Emotional Virtual Experience, Test Drive, Tailor Made Delivery dan Handover Kendaraan, Certified BMW i Dealership, BMW Fast Lane Service, Tunas Cafe, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com