Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Interior Mitsubishi XForce dan Hyundai Creta

Kompas.com - 18/01/2024, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren Sport Utility Vehicle (SUV) secara global juga dirasakan di Indonesia. Buktinya pabrikan mobil berlomba ngisi tiap kelas dengan produk SUV mulai dari entry level sampai premium.

Pada segmen SUV B, ada beberapa nama yang dapat ditemukan. Salah satunya ialah Mitsubishi XForce yang meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Baca juga: Toyota Tetap Kembangkan Mesin Konvensional di Era Mobil Listrik

Secara kelas XForce akan berhadapan dengan Hyundai Creta, mobil asal Korea Selatan yang sudah lebih dulu hadir dan meluncur di GIIAS 2021.

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Sebelumnya redaksi sudah membandingkan eksterior dan fitur keduanya, maka kali ini akan fokus pada interior. Sebab kabin merupakan hal penting sebab pengemudi dan penumpang berada di kabin sepanjang perjalanan.

Interior XForce, hadir dalam dua pilihan warna yakni putih melange - moka, dan hitam. Namun, untuk mobil yang redaksi pakai yaitu XForce Ultimate memakai warna melange - moka. Secara keseluruhan redaksi menilai suasana kabinnya terlihat sporty dan modern.

Jok dibungkus material kulit sehingga menciptakan kesan elegan. Namun di dashboard pakai bahan kain warna terang yang membuat tampilannya lebih "ringan."

Sebetulnya tak banyak mobil yang pakai material fabric di dashboard dan jadi sedikit "kebanting" dengan joknya yang sudah kulit.

Untuk interior Creta didominasi material plastik, tapi tampilannya tampak elegan. Dashboard  didominasi warna hitam dengan sedikit aksen silver dan krom pada beberapa bagian.

Baca juga: BYD Seal, Atto 3, dan Dolphin Resmi Meluncur

Hyundai Creta dipamerkan di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Hyundai Creta dipamerkan di Jakarta Fair 2023

Panel instrumen yang disediakan juga cukup besar ukurannya, begitu pula dengan head unitnya. Meski tidak dilapisi dengan material soft touch, tapi bagian dasbornya terasa mewah dengan kehadiran ambient light.

Bagian door trim XForce minim soft touch tapi dipermanis dengan plastik yang punya desain aksen. Sedangkan material soft touch pada Creta terletak di bagian penyangga sikut.

Pada bagian dashboard XForce dimeriahkan dengan head unit 12.3 inci yang bisa tersambung dengan smartphone dan sudah terintegrasi dengan Apple Carplay dan Android Auto. Sedangkan untuk MID dibekali layar 8 inci.

Baca juga: Airlangga Ungkap Investasi BYD ke RI Capai Rp 20 Triliun

Ruang kemudi Hyundai Creta saat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Tenaga Citroen e-C4 bersumber dari baterai lithium-ion berkapasitas 50 kWh bertegangan 400 volt, dapat melaju hingga 350 kilometer dalam kondisi baterai penuh.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ruang kemudi Hyundai Creta saat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Tenaga Citroen e-C4 bersumber dari baterai lithium-ion berkapasitas 50 kWh bertegangan 400 volt, dapat melaju hingga 350 kilometer dalam kondisi baterai penuh.

Pada bagian dashboard, Creta memiliki panel instrumen dengan layang full TFT LCD berukuran 10,25 inci. Sementara untuk head unit, ukuran layarnya juga cukup besar, yakni 8 inci.

Baik XForce dan Creta sudah menggunakan setir yang dilapisi dengan kulit dan dihiasi audio steering switch. Bentuk transmisinya terlihat sporty tapi masih simpel.

Kemudian salah satu kelemahan XForce dibandingkan pesaing ialah belum dibekali sunroof atau panoramic roof. Meskipun, pihak manajemen Mitsubishi mengaku fitur tersebut bukan jadi pilihan utama konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com