Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Geber Daihatsu Terios dari Ternate sampai Halmahera

Kompas.com - 16/01/2024, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAILOLO, KOMPAS.com - Program Daihatsu Terios 7 Wonders 2024 dibuka dengan mengunjungi Ternate dan berlanjut ke Halmahera, Maluku Utara.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada 7 destinasi yang menjadi Wonders ikonik untuk dikunjungi, sekaligus menguji ketangguhan Terios yang belum lama mendapat peremajaan.

Destinasi pertama adalah Kedaton Kecil di Kawasan Buku Bendera, Ternate. Untuk menuju ke lokasi dari tengah kota, sebenarnya tidak terlalu lama, hanya saja medan yang dilalui cukup menarik.

Terios diajak untuk melewati jalan menanjak, karena Kedaton Kecil lokasinya berada di dataran tinggi. Melewati rute terjal tak menjadi masalah berarti untuk LSUV tujuh penumpang ini.

Baca juga: Daihatsu Terios 7 Wonders Dimulai, Eksplorasi Ternate dan Halmahera

Apalagi unit yang digunakan semua rombongan merupakan versi facelift dengan transmisi manual.

Daihatsu Terios 7 Woonders menuju Halmahera-JailoloKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios 7 Woonders menuju Halmahera-Jailolo

Melewati tanjakan dengan tingkat kemiringan yang bisa dibilang cukup ekstrem karena ditambah jalur yang berkelok dan medan yang sempit, masih bisa dilalui Terios tanpa kendala.

Bahkan Terios mampu menanjak tanpa harus mematikan AC dan blower yang biasanya banyak dilakukan sebagian orang untuk memberikan ekstra tenaga.

Sesampainya di Kedaton Kecil, rombongan langsung disambut dengan tarian khas serta pangeran atau Jou Ngofa Firman Mudaffar Sjah, SE.

Berlanjut ke hari kedua, redaksi dan rombongan Terios 7 Wonders langsung bertolak ke Halmahera menuju Hutan Mangrove Guraping yang berada di Sofifi.

Baca juga: Pajak Progresif Jakarta Naik, Hitung Biaya Punya 5 Toyota Avanza

Daihatsu Terios 7 Woonders menuju Halmahera-JailoloKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios 7 Woonders menuju Halmahera-Jailolo

Untuk menuju ke lokasi, rombongan harus menyeberang menggunakan Kapal Feri dengan waktu tempuh kurang lebih hampir 90 menit.

Setelah kapal sandar, langsung tancap gas menuju lokasi yang waktu tempuhnya hanya sekitar 15 menit dari pelabuhan untuk melakukan CSR penanaman bibit mangrove.

Kurang lebih melakukan aktivitas selama 3 jam, rombongan langsung melanjutkan perjalanan pertualangan ke Jailolo, Maluku Utara, untuk ke Wonders berikutnya.

Lagi-lagi Terios ditantang melewati medan ekstrem berupa jalan menajak yang cukup ekstem, menurun, serta berkelok.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bikin Umur Transmisi Matik Jadi Lebih Pendek

Daihatsu Terios 7 Woonders menuju Halmahera-JailoloKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios 7 Woonders menuju Halmahera-Jailolo

Dimensi jalan lintas provinsinya cukup minim, hanya bisa dilalui satu mobil baik sisi kanan atau arah sebaliknya.

Mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc yang digunakan Terios, berdasarkan data mampu menghasilkan tenaga 102,5 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Dihadapi tanjakan curam, Terios masih bisa dengan mudah melewatinya. Namun memang sempat sedikit kewalahan menghadapi posisi stop n go ketika mobil di depan redaksi melakukan pengereman, dan unit yang redaksi gunakan harus kembali berjalan dalam posisi menanjak.

Baca juga: Tarif Pajak Progresif Baru di DKI Jakarta Berlaku mulai 2025

Bicara handling, Terios cukup mempuni dengan dukungan fitur Vehicle Stability Control yang juga berguna mencegah terjadinya over steer dan under steer. Sedangkan masalah bantingan suspensi, masih tergolong nyaman untuk sebuah LSUV tujuh penumpang.

Kurang lebih untuk menuju Jailolo di tempuh dalam waktu dua sampai dengan tiga jam dengan kondisi konvoi.

Daihatsu Terios 7 Wonders menuju Halmahera-JailoloKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios 7 Wonders menuju Halmahera-Jailolo

Selanjutnya, petualangan Terios 7 Wonders akan kembali berlanjut ke destinasi-destinasi menantang lainnya yang ada di Halmahera dan Ternate.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com