Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film Punya Peran Menjaga Aspek Kenyamanan di Kabin Mobil

Kompas.com - 15/01/2024, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaca film merupakan piranti penting pada mobil, karena memiliki peran yang cukup vital, yaitu untuk menolak sinar matahari dari luar ke kabin. Fungsi lain, ternyata punya peran menjaga aspek kenyamanan di dalam ruangan sehingga penumpang menjadi lebih nyaman.

Maka dari itu, sangat penting dalam menentukan kaca film agar fungsinya bisa maksimal. Apabila salah memilih merek, maka penumpang dan pengemudi di mobil tidak akan merasakan fungsi tersebut.

Kebanyakan mobil baru telah dilengkapi dengan kaca film bawaan (kaca film Original Equipment Manufacturer (OEM)). Namun, seringkali kaca film ini kurang maksimal.

Baca juga: Hindari Silau, Polisi Pasang Kaca Film di Lampu Rotator Mobil Dinas

Booth kaca film V-Kool pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023Kompas.com/Donny Booth kaca film V-Kool pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023

Vice President Director PT V-Kool Indo Lestari Linda Widjaja menjelaskan, bahwa menentukan merek kaca film sangat penting. Dia mengimbau agar konsumen tidak sembarangan, dan wajib mengetahui keunggulan dari kaca film tersebut.

Sebagai contoh V-Kool memiliki kaca film dengan berbagai keunggulan sehingga konsumen bisa merasakan langsung manfaatnya. Tentunya berkat teknologi yang dimiliki perusahaan, dapat memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

Misal teknologi Spectrally Selective yang secara pintar akan meneruskan cahaya tampak (Visible Light Transmission) dan menolak sinar infra merah dan ultra violet lebih dari 99 persen. Selain itu, teknologi ini juga meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari.

Baca juga: Kaca Film Buatan Produsen Ini Diklaim Bisa Tahan sampai 10 Tahun


“Tapi yang terpenting teknologi ini bisa melindungi interior mobil dari pemudaran warna dan juga melindungi pengemudi serta penumpang dari bahaya sinar ultra violet. Jadi jangan dilihat harganya, pertimbangkan manfaat dan teknologinya,” ujar Linda di Jakarta belum lama ini.

Kaca film ini, lanjut Linda, menggunakan proses dielectric sputtering yang telah dipatenkan dengan menambahkan bahan tembus pandang super hingga 10 lapisan atom Indium Oxide and Silver yang selanjutnya diperkaya dengan Emas.

Proses kompleks ini menjadikan kaca film ini mampu menolak panas yang menakjubkan tanpa terlihat reflektif atau gelap.

Baca juga: Fungsi Kaca Film buat Tekan Risiko Pelemparan Batu di Jalan Tol

Dengan performa superior V-KOOL dan kemampuan menghemat biaya dalam jangka panjang, Anda dapat simpulkan bahwa efisiensi dan performa yang didapat dari kaca film V-KOOL sesuai dengan harganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com