Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelis Serahkan Mobil Penyiram Tanaman ke Masjid Istiqlal

Kompas.com - 15/01/2024, 11:08 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelis (Gerobak Listrik) produsen pembuat kendaraan listrik roda tiga dan roda empat, menyerahkan kendaraan penyiram tanaman, GEROD4 untuk digunakan di digunakan di lingkungan Masjid Istiqlal.

Penyerahan diwakili oleh Direktur Utama GELIS, Prasetyo Budi serta Corporate Secretary and Director Sustainability & Corporate Affairs Unilever, Nurdiana Darus, akhir pekan lalu.

Baca juga: United Mau Luncurkan 4 Motor Listrik Baru Tahun Ini

Penerimaan unit GEROD4 di Masjid Istiqlal diterima langsung oleh Dr. KH. Nasaruddin Umar, selaku Imam Besar Masjid Istiqlal, acara diadakan di halaman masjid Istiqlal Plaza Al Fattah.

 

Gelis serahkan GEROD4 untuk digunakan di digunakan di lingkungan Masjid Istiqlal.Foto: KOMPAS.com/Gilang Gelis serahkan GEROD4 untuk digunakan di digunakan di lingkungan Masjid Istiqlal.

"Kami sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Unilever dalam menciptakan solusi inovatif seperti GEROD4. Pada GEROD4 kali ini kami mengimplementasikan teknologi spesial yaitu penyiraman tanaman," kata Prasetyo Budi dalam keterangan resmi, Senin (15/1/2024).

"Kami berharap inovasi yang kami ciptakan ini dapat membantu Masjid Istiqlal dalam merawat dan menjaga keindahan taman lingkungan masjid, serta membuat lingkungan masjid Istiqlal bersih dari polusi kendaraan,” ujarnya.

GEROD4 merupakan hasil kerjasama Gelis dan Unilever. GEROD4 dirancang khusus untuk kebutuhan penyiraman tanaman dilengkapi dengan tangki air 500 Liter dan pompa untuk mendorong air yang mampu menyiram tanaman hingga jarak 15 meter.

Untuk sistem penyiraman ini digunakan baterai terpisah agar tidak mengganggu jarak tempuh yang tersedia pada baterai utama.

Baca juga: Musim Hujan, Trik Murah Bikin Sarung Tangan Motor Anti Air

 

Gelis serahkan GEROD4 untuk digunakan di digunakan di lingkungan Masjid Istiqlal.KOMPAS.com/Gilang Gelis serahkan GEROD4 untuk digunakan di digunakan di lingkungan Masjid Istiqlal.

"GEROD4 Penyiram tanaman ini sangat handal untuk digunakan membawa muatan besar seperti bak air yang digunakan pada unit ini, karena dilengkapi motor 3000 Watt & Baterai 60V, serta berbagai fitur yang mendukung," katanya.

Melalui inovasi ini, Gelis dan Unilever berkomitmen untuk mendukung upaya keberlanjutan dan kesejahteraan lingkungan yang telah dilakukan oleh Masjid Istiqlal yaitu pengelolaan limbah air wudhu untuk penyiraman tanaman.

Selama ini pihak masjid istiqlal mendistribusikan penyiraman tanaman dengan menggunakan kendaraan roda tiga bensin dan dinilai kurang maksimal karena daya angkut yang sedikit dan bunyi kendaraan yang bising.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com