Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarung Sepatu Malah Bikin Licin Saat Hujan, Pakai Cara Ini

Kompas.com - 15/01/2024, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor tidak dianjurkan memakai sandal jepit saat kondisi hujan. Selain licin, memakai sandal jepit saat hujan berbahaya karena tidak melindungi kaki jika terjadi kecelakaan.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, cara yang paling tepat saat berkendara di tengah hujan ialah menggunakan sarung sepatu alias rain coat shoes agar sepatu tidak basah.

Baca juga: Alami Aquaplaning, Honda Brio Melintir di Jalan Tol

Namun Jusri mengingatkan, memilih rain coat shoes juga jangan sembarangan.

Jas hujan ponco berbahaya bagi keselamatan berkendara Dicky Aditya Wijaya Jas hujan ponco berbahaya bagi keselamatan berkendara

"Kalau bisa sepatu pakai rain coat shoes, tapi pilih yang telapaknya pakai yang karet bukan plasik. Kenapa, kalau plastik pasti bakalan licin," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

"Apalagi kita pakai motor yang pijakan kakinya bukan off road seperti motor bebek foot step-nya ada karetnya jadi licin. Terus waktu berhenti di alas yang keramik pasti licin, jadi pilih sol yang alasnya karet," katanya.

Lantas bagaimana jika sulit mencari sarung sepatu yang punya telapak karet?

Baca juga: Pemilik Mobil Matik, Jangan Buru-buru Saat Mau Berangkat Pagi

Dow Chemical Company membuat midsole atau sol sepatu bagian tengah dengan teknologi Infuse. Sol tersebut terbuat dari bahan etilena-vinil asetat (EVA) yang berfungsi sebagai bantalan dan penyerap kejutan pada kaki. Bermerek Elastomer, midsole tersebut akan menjadi bagian pada sepatu atletik.  
Primus Dow Chemical Company membuat midsole atau sol sepatu bagian tengah dengan teknologi Infuse. Sol tersebut terbuat dari bahan etilena-vinil asetat (EVA) yang berfungsi sebagai bantalan dan penyerap kejutan pada kaki. Bermerek Elastomer, midsole tersebut akan menjadi bagian pada sepatu atletik.

"Bisa dikali. Mudah. Saat ini banyak jual sol sepatu tersendiri. Nah pakai itu, caranya cukup pakai lem ditempel ke tapak rain coat shoes," katanya.

Jusri mengingatkan, di pasaran saat ini sarung sepatu punya dua tipe, pertama model yang pakai resleting dan kedua model kancing.

"Rain coat model resleting lebih baik kalau terendam air atau banjir, kalau model kancing pasti tembus. Tapi kalau buat menahan air hujan saja sudah aman," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com