Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terpal Terbang sampai Tutupi Kaca Mobil

Kompas.com - 14/01/2024, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARA, KOMPAS.com - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, banyak baliho Calon Legislatif (Caleg) yang dipasang di sepanjang jalan.

Terlebih panas dan angin kencang belakangan ini terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, berpotensi membuat baliho tersebut roboh hingga terbang ke jalan dan membahayakan orang lain.

Salah satu potensi bahaya yang bisa terjadi seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @wijas_indonesia. Dalam tayangan tersebut memperlihatkan kaca depan mobil yang tiba-tiba tertutup terpal yang terbang dari truk ke arah pengemudi yang sedang melintas di jalan tol.

Baca juga: Ini Bedanya Wuling Binguo EV AC dan DC

Dalam video itu juga dijelaskan langkah antisipasi oleh pengemudi mobil, agar tidak menimbulkan kecelakaan yang fatal. Paling utama adalah tidak menginjak rem secara tiba-tiba.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wijas Idea Gemillang Wijas (@wijas_indonesia)

“Cara yang disampaikan video tersebut sebenarnya sudah benar. Tapi yang harus diperhatikan adalah menjaga jarak dengan kendaraan truk, karena truk sering menyebabkan kejadian seperti itu. Entah material penutup, ganjel balok, ember dan lain-lain,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

Perlu diingat lagi, bahwa kejadian seperti ini juga bisa terjadi ke spanduk caleg yang terbawa angin. Sony mengatakan, saat pengendara mobil dalam posisi tersebut, sebaiknya pastikan kecepatan dengan kendaraan yang di depan diselaraskan, sehingga tidak menimbulkan tabrak depan.

Baca juga: BYD Mulai Buka Pemesanan Atto, Dolphin dan Seal

“Kemudian, jangan koreksi setir, tetap ke arah depan. Lalu cek spion dan nyalakan wiper, sebab fungsi wiper menyapu objek yang sekiranya menutupi kaca depan,” kata Sony.

Langkah terakhir, nyalakan lampu hazard dan arahkan kendaraan ke bahu jalan yang terdekat. Jangan lupa untuk perhatikan juga kondisi lalu lintas sebelum menghentikan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com