Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Toyota GR Yaris Facelift di Tokyo Auto Salon 2024

Kompas.com - 13/01/2024, 10:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR Yaris facelift menjadi salah satu kendaraan paling menarik di ajang Tokyo Auto Salon 2024, Jumat (12/1/2024).

Pasalnya, kendaraan yang diupayakan dapat melanjutkan kesuksesan model 2020 lalu ini mendapatkan banyak kelengkapan baru, baik pada bagian tampilannya hingga performa.

Apalagi toyota menyebut versi terbaru GR Yaris dikembangkan berdasarkan masukan dari pembalap profesional, konsumen, hingga Ketua Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda.

Baca juga: Pengemudi Wajib Paham Fungsi Simbol pada Wiper

GR Yaris faceliftDoc Carscoops GR Yaris facelift

Disebutkan dalam keterangan resmi, GR Yaris terbaru dibekali dengan transmisi otomatis Racing Direct delapan percepatan yang dikembangkan khusus yang sudah diuji langsung oleh pembalap TGR World Rally Team.

Tentu transmisi yang dipasangkan Toyota ke mobil ini bukan transmisi matik biasa seperti pada mobil umum.

Karakter sport transmisi 8-percepatan otomatis GR Yaris tercermin dari aplikasi gigi close-ratio, software yang bisa mengantisipasi perpindahan gigi dari cara pengemudi memainkan pedal gas dan rem, serta limited slip differential Torsen.

Menariknya lagi, komponen tersebut hanya lebih berat 20 Kg dari transmisi manual.

Baca juga: Biar Nyaman dan Awet, Ini 5 Cara Cek Kondisi Ban Mobil

GR Yaris faceliftDoc Carscoops GR Yaris facelift

Kemudian panel pengendali dan layar di kabin juga telah dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi guna memberikan visibilitas lebih baik serta kenyamanan. Posisi mengemudi juga diturunkan hingga 25 mm menyesuaikan posisi setir.

Pada dapur pacunya, mobil dibekali mesin 1,6 liter turbo yang tenaganya telah ditingkatkan dari 272 PS menjadi 304 PS, sementara torsinya juga naik dari 370 Nm menjadi 400 Nm.

Sementara itu pada bagian eksterior, perbedaan terdapat pada grill yang kini menggunakan jaring baja tipis dan ringan untuk memberikan perlindungan dari batu saat berkendara.

Bukaannya pun lebih besar untuk memberikan pendinginan optimal mesin, serta sisi bumpernya memiliki lubang pembuangan panas dari sub-radiator.

Baca juga: Penjualan Kendaraan Listrik di Dunia Mulai Menurun

Untuk lampu belakang, telah dikonsolidasikan untuk menghindari kerusakan dan meningkatkan visibilitas saat digunakan di trek balap. Lampu stop-mount tinggi juga sekarang telah dipisahkan dari spoiler belakang.

GR Yaris terbaru memiliki mode berkendara Sport, Normal, dan Eco, serta tambahan Mode Sirkuit. Pada mode Sirkuit, dilengkapi kontrol anti-lag dan peningkatan batas kecepatan dari limiter kecepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com