Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michelin Sebut Ban MotoGP Miliknya Tahan Digeber 400 Kpj

Kompas.com - 12/01/2024, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor balap MotoGP setiap tahunnya terus bertambah kencang. Meski demikian, Michelin sebagai pemasok tunggal ban MotoGP percaya diri ban buatannya punya performa dan durabilitas yang tinggi.

Musim 2023, rekor kecepatan tertinggi di MotoGP berhasil dipecahkan oleh Brad Binder. Pebalap tim pabrikan KTM tersebut mencatatkan 366,1 kilometer per jam pada sprint race MotoGP Italia 2023 di Sirkuit Mugello.

Baca juga: Mulai Musim Ini, MotoGP Gunakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

"Tidak ada masalah. Kami melakukan pengujian ekstensif dan ban kami dapat dengan mudah menangani kecepatan lebih dari 400 kilometer per jam," kata bos MotoGP Michelin, Piero Taramasso, dikutip dari Crash.net, Jumat (12/1/2024).

Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023Dok. @bradbinder Brad Binder saat berlaga pada MotoGP Italia 2023

Binder mengungkapkan, bahwa KTM-nya bahkan belum maksimal saat dia mencetak rekor tersebut, meskipun lebih cepat 12,1 kilometer per jam dari catatan waktu yang dia torehkan pada 2022.

"Jujur saja, saya belum mencapai batas maksimal, jadi jelas masih ada beberapa kilometer per jam lagi untuk kami!" kata Binder.

Baca juga: Daftar Resmi Pebalap MotoGP 2024, 6 Pebalap Pindah Tim

Binder menambahkan, saat sprint race dia mendapatkan beberapa slipstream yang sangat bagus hingga motornya melaju sangat kencang. Dia pun mengaku cukup senang bisa mencatatkan rekor kecepatan.

Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-takAFP/YOAV LEMMER Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-tak

Sirkuit Mugello dengan trek lurus yang cukup panjang dan elevasi sedikit menurun sering kali menjadi saksi bisu pecahnya rekor kecepatan tertinggi. Selain itu, terlihat juga bagaimana motor balap MotoGP berevolusi dari catatan kecepatan tertingginya.

Terlihat dari musim 2001 pada era 500 cc 2-tak, kecepatan tertinggi di sirkuit ini hanya 315,6 kilometer per jam yang dicetak oleh Valentino Rossi. Kemudian, 22 tahun setelahnya, selisihnya dengan Binder bisa mencapai 50,5 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com