Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Rahasia Tingkatkan Performa Mitsubishi XForce

Kompas.com - 12/01/2024, 12:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Xforce merupakan SUV ringkas yang memiliki banyak fitur modern guna menunjang performa berkendara. Seperti active yaw control (AYC), 4 drive mode dan D Sport.

Guna mengantisipasi jalan licin saat mobil melaju kencang dan berbelok, Xforce dilengkapi AYC yang akan menahan laju roda kanan atau kiri. Sehingga, posisi mobil selalu akurat terhindar dari tergelincir.

Sementara untuk menghadapi medan jalan yang bermacam-macam Xforce memiliki 4 mode berkendara yakni ketika jalan normal, berlumpur (mud), berkerikil (gravel), dan basah (wet). Dengan demikian, berkendara menjadi lebih aman.

Baca juga: Alasan Mitsubishi XForce Tidak Pakai Panoramic Sunroof

Test Drive Mitsubishi XForce di Solodok.MMKSI Test Drive Mitsubishi XForce di Solo

Selanjutnya Drive Sport, tombol ini bisa ditekan ketika pengemudi membutuhkan peningkatan performa Xforce misal saat buru-buru, kondisi darurat dan sebagainya.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia mengatakan sebenarnya di mobil ini ada delapan mode berkendara, salah satunya yakni D Sport.

“Ketika tombol D Sport diaktifkan, maka akan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat, jadi bukan ekonomis yang dikejar karena orang itu kan ada kebutuhan buru-buru, sehingga ada kebutuhan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak,” ucap Riat dalam acara Test Drive Mitsubishi XForce Batch 1, Yogyakarta (4/12/2023).

Baca juga: Awal 2024 Diskon XForce Tembus Rp 24 Juta, Pajero Sport Rp 35 Juta

Mobil sport utility vehicle (SUV) anyar Mitsubishi XFORCE besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.Dok. MMKSI Mobil sport utility vehicle (SUV) anyar Mitsubishi XFORCE besutan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia.

Dalam mode D Sport, Rifat mengatakan semuanya akan menjadi lebih cepat, semua sektor penunjang performa akan ditahan lebih lama.

“Misal satu gigi belum sampai di putaran mesin atas, sistem tidak akan mengoper ke gigi berikutnya, sehingga dampaknya lebih responsif, begitu juga saat di turunan, gigi akan ditahan lebih lama,” ucap Rifat.

Tidak hanya saat menanjak sistem akan menyesuaikan performa, menurut Rifat saat D Sport digunakan juga akan membuat Xforce lebih unggul dalam melibas turunan.

Baca juga: Jajal Mitsubishi XForce dari Semarang sampai Yogyakarta


“Jadi, di sini ada otak pintar yang memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat, sehingga dihasilkan tenaga lebih besar saat mengaktifkan D Sport pada Xforce,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com