Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Merawat Wiper Mobil supaya Tidak Macet

Kompas.com - 11/01/2024, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Saat musim hujan, wiper mobil menjadi salah satu komponen yang sangat krusial dalam menjaga visibilitas pengemudi, sehingga perlu dirawat dengan baik.

Meski begitu, masih saja ada pemilik mobil yang tidak merawat wiper dengan baik sehingga wiper macet saat digunakan dan membuat kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah, mengatakan, penyebab wiper macet biasanya karena karet wiper rusak atau terjadi kerusakan pada sistem penggeraknya.

Baca juga: Viral Kecelakaan Veloz Sampai Terbelah Dua, Ingat Bahaya Aquaplaning

Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawatKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawat

“Yang biasanya terjadi karena wiper rusak, sekering mati, body control module rusak atau bushing stang wiper jebol,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Rabu (10/1/2024).

Untuk menghindari kerusakan tersebut, Iwan memberikan beberapa tips cara merawat wiper agar tidak macet saat digunakan.

“Pertama, pastikan karet wiper masih baik, caranya dengan mengecek kelenturan karetnya, karet yang sudah mengeras tidak bisa membersihkan kaca dengan sempurna dan masih terlihat garis-garis air di kaca, ” ucap iwan.

Baca juga: Konsumsi BBM Selama Libur Nataru Naik 4,5 Persen

Model wiper frameless Dicky Aditya Wijaya Model wiper frameless

Untuk mengantisipasi hal ini terjadi, Iwan menyarankan bagi pemilik mobil sebaiknya mengganti wiper secara rutin, minimal satu tahun sekali.

Kemudian, Iwan menyarankan apabila mobil terparkir dalam kondisi panas sebaiknya wiper diangkat saja.

Baca juga: Dibanderol Rp 433 Juta, Intip Spesifikasi Mobil Listrik MG4 EV

“Angkat wiper agar tidak menempel di kaca saat kondisi panas sekali, ini bisa memperlambat pengerasan karet wiper,” ucap Iwan.

Iwan juga menyarankan untuk menggunakan cairan khusus untuk wiper supaya kaca lebih licin.

“Gunakan cairan khusus untuk wiper, selain kaca lebih bersih karet wiper juga menyapu lebih licin, sehingga akan mengurangi beban kerja dari motor wiper,” usap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com