Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Mobil Listrik VinFast yang Meluncur Tahun Ini

Kompas.com - 09/01/2024, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast memastikan diri bakal meramaikan pasar Tanah Air dalam waktu dekat dengan membawa sejumlah produk unggulan.

Kehadirannya ini diprediksi bakal dilakukan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang digelar pada 15 Februari 2024 mendatang. Membuat peta persaingan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) nasional semakin ketat.

Dikatakan oleh Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia Surachman Nugroho, sedikitnya ada tiga produk yang siap menjalani debut di RI, yaitu VF e34, VF5, dan VF6.

Baca juga: Penetrasi Pasar Nasional, MG Motor Indonesia Punya Nakhoda Baru

VinFast VF 5dok.VinFast VinFast VF 5

"Kehadiran VinFast di Indonesia akan memberikan warna baru terhadap kendaraan listrik," kata dia kepada Kompas.com, Senin (8/1/2024).

Pernyataan tersebut sesuai dengan pernyataan Global CEO VinFast Le Thi Thu Thuy ketika dihubungi Kompas.com, 2023 lalu. Peluncuran mobil terkait akan dilakukan dalam dua tahap.

"Rencana kita untuk masuk ke pasar Indonesia dengan dua strategi, yaitu manufaktur dan business operation. Kita berencana menjual model VF e34 dan VF 5 electric pada 2024," kata Thuy.

Ketiga mobil itu merupakan model ikonik perusahaan yang menyasar kelas menengah. Bahkan, VF e34 merupakan produk pertama VinFast.

Pada spesifikasinya, VF e34 memiliki desain yang simpel dan elegan yang memiliki dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.793 mm, dan tinggi 1.613 mm. Disebutkan, jarak sumbu roda mobil ialah 2.611 mm, yang membuatnya cukup kompak.

Baca juga: Ini Tilang yang Paling Manjur Beri Efek Jera Pelanggar Lalu Lintas

Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.DPA/MAXPPP via DW INDONESIA Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.

Mobil ditenagai oleh motor listrik dan menggunakan baterai 42 kWh yang bisa merilis arus listrik bertenaga 110 kW (150 PS) dan torsi puncak 242 Nm. Baterainya dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu sekitar 30 menit saja dengan fast charging.

Kekuatan akselerasi mobil dari diam sampai 100 kpj bisa ditempuh dalam 9,9 detik dan memiliki kecepatan maksimal 150 Kpj. Jarak tempuh maksimal dari mobil ini adalah 285 Km berdasarkan standar NEDC (New European Driving Cycle).

Kemampuan ini beda tipis dengan Hyundai Kona EV yang bisa menjelajah 345 Km dan 289 Km (melalui pengujian WLTP) dalam sekali pengisian daya penuh.

Harga di pasar domestik, mobil listrik tersebut dibanderol 690 juta dong atau sekitaran Rp 430 juta. Patut dicatat, VinFast VF e34 dijual tanpa baterai, jadi pengguna harus menyewa baterainya dengan biaya 1,45 juta dong alias Rp 600.000 tiap bulan.

Baca juga: Simak Biaya Pembuatan SIM B Umum Awal 2024

Sementara VF 5 electric merupakan kendaraan perkotaan bergaya SUV dari VinFast Group. Dimensinya sedikit lebih besar, yaitu panjang 3.965 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.513 mm.

Punya bodi ringkas, kendaraan ini mampu mengembuskan tenaga puncak 100 kW atau 134 dk dan torsi puncak 135 Nm. Tenaga ini dihasilkan dari motor penggerak yang disalurkan dari baterai lithium ion berkapasitas 37,23 kWh.

Klaimnya VF5 Plus bisa menempuh jarak lebih dari 300 kilometer pada standar New European Driving Cycle (NEDC).

Mengenai harganya, di Vietnam mobil dipasarkan dengan harga lebih murah yaitu 458 juta dong atau Rp 294 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com