Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Pamulang-Cinere Dilewati Lebih dari 672.000 Kendaraan

Kompas.com - 08/01/2024, 17:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sudah tersambung hingga ke Pamulang, bahkan Cengkareng. Ruas tol ini diklaim dilewati oleh lebih dari 672.000 kendaraan pada libur Natal 2023.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere, pagi ini, Senin (8/1/2024). Tol sepanjang 3,64 km di sepanjang libur Natal 2023, diklaim dilewati oleh lebih dari 672.000 kendaraan.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Simak Tarif Tol Cijago

Rangkaian ruas jalan tol yang diresmikan tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere, dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan Jalan Tol Cijago.

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Pamulang-CinereDok. Jasa Marga Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Pamulang-Cinere

Jokowi mengatakan, rangkaian jalan tol ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jabodetabek, di antaranya yaitu Jalan Tol Lingkar Dalam, Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, dan dilengkapi dengan rangkaian jalan tol ini yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2.

“Pengoperasian jalan tol ini akan memberikan lebih banyak pilihan alternatif kepada masyarakat khususnya yang tinggal di Cibubur, Bogor, Tangerang untuk menjangkau sejumlah tempat seperti Bandara Soekarno Hatta tanpa harus melalui Dalam Kota," ujar Jokowi, dalam keterangan resmi Jasa Marga, Senin (8/1/2024).

Baca juga: Segini Total Tarif Tol dari Jagorawi ke Bandara Soetta Via Cijago

"Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang dan logistik yang diharapkan juga mengurangi kemacetan, sehingga masyarakat memiliki alternatif, pilihan yang lebih lancar,” kata Jokowi.

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Pamulang-CinereDok. Jasa Marga Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Pamulang-Cinere

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, mengatakan, dengan tersambungnya jalan tol ini dapat memecah lalu lintas yang dari dan menuju Bogor maupun Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng dengan waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan menggunakan Jalan Tol JORR 1.

"Pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) juga dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2,” ujar Subakti.

Gerbang Tol Limo Utama pada Cijago Seksi 3BKompas.com/Donny Gerbang Tol Limo Utama pada Cijago Seksi 3B

Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul Handayani, mengatakan, sebelum diresmikan pada hari ini, Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere telah beroperasi tanpa tarif sejak periode libur Nataru, tepatnya pada 22 Desember 2023 lalu.

“Selama libur Nataru 23/24 periode 18 Desember 2023 s.d 4 Januari 2024, kami mencatat jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Tol Serpong-Cinere mencapai 672.107 kendaraan. Jumlah ini meningkat 98,78 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal," kata Mirza.

Pintu keluar Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe, setelah melewati Cijago Seksi 3BKompas.com/Donny Pintu keluar Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe, setelah melewati Cijago Seksi 3B

"Jika dibandingkan dengan lalu lintas Nataru tahun lalu, bahkan meningkat sebesar 121,07 persen. Alhamdulillah, kami melihat masyarakat antusias dalam menggunakan ruas jalan tol ini yang kini telah terintegrasi penuh dengan jaringan jalan tol JORR 2 lainnya,” ujar Mirza.

Untuk diketahui, Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km yang dibagi menjadi dua seksi yaitu, Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 Km yang telah beroperasi sejak tahun 2021 dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km.

Jalan Tol Serpong-Cinere terkoneksi dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 Wilayah Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com