Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Tenaga Mesin Lewat Opsi Remap ECU

Kompas.com - 08/01/2024, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan yang ingin mengoptimalkan performa mesin mobilnya adalah dengan melakukan remap ECU (Electronic Control Unit).

Bisa dibilang ECU merupakan otak dari mobil modern yang dijual di pasar saat ini. Beberapa sistem penting pada mobil dikontrol melalui data yang disimpan dalam ECU.

“Di ECU itu ada ‘otak mobil’ atau komputer mobil, di sana ada beberapa parameter yang sudah disetel oleh pabrikan seperti tenaga, akselerasi dan bahan bakar. Dengan remap ECU parameter tersebut kita ubah, kita naikan atau edit sedikit, namun dalam tahap yang aman,” ucap Josua, pemilik JW Autowork, saat ditemui Kompas.com, di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Baca juga: Tesla Recall 1,6 Juta Mobil di China, Ini Masalahnya

Proses setting ulang ECU dilakukan menggunakan software tertentu pada komputer. Piranti lunak standar akan diprogram ulang atau diubah dengan mengganti angka pengaturan mesin sesuai keinginan konsumen.

Josua pemilik JW Autowork sedang melakukan proses remap ECUKompas.com/Nanda Josua pemilik JW Autowork sedang melakukan proses remap ECU

Parameter yang diubah umumnya meliputi timing pengapian, injector timing, torque limiter, boost turbo, dan lain sebagainya. Ubahan ini juga disesuaikan dengan jenis kendaraan serta permintaan konsumen.

Pasca melakukan remap ECU, peningkatan tenaga yang dihasilkan cukup signifikan.

“Contoh untuk Toyota Fortuner yang 2.400 cc, standar tenaganya sekitar 140-145 hp, kalau di remap bisa 190-195 hp,” kata Josua.

Baca juga: Viral Penumpang Bus PO Sinar Jaya Diturunkan Tidak Sesuai Tujuan di Tiket

Adapun untuk membandingkan tenaga sebelum dan sesudah melakukan remap ECU menggunakan alat bernama dyno test, yakni sebuah piranti uji coba untuk melakukan pengetesan mobil dengan berjalan pada tempatnya.

Bicara soal biaya yang dibutuhkan untuk melakukan remap ECU cukup beragam, tergantung dari jenis mobil.

“Kisaran biaya mulai dari Rp 2,5 juta - Rp 3,5 juta tergantung mobil. Kalau seperti Fortuner bisa Rp 3,5 juta,” ucap Josua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com