Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Musim Hujan, Setelan Sudut Roda Mobil Harus Disesuaikan

Kompas.com - 06/01/2024, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sejumlah daerah di Indonesia sudah masuk musim hujan sehingga permukaan jalan cenderung selalu basah. Maka dari itu, pengendara perlu lebih waspada untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat jalan licin.

Khusus bagi pengguna mobil yang menggunakan setelan roda camber negatif, sebaiknya selama musim hujan bisa melakukan beberapa penyesuaian.

Seperti yang diketahui, ketika sudut camber pada mobil negatif cukup besar maka tapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan lebih sedikit, yakni bagian dalamnya saja.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Bila Ban Mobil Tiba-tiba Kempis di Tol?

Ilustrasi ban mobil.PIXABAY/MIKES-PHOTOGRAPHY Ilustrasi ban mobil.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, camber negatif memang memiliki kelebihan pada kestabilan kemudinya, tapi juga memiliki kelemahan.

“Salah satu kelemahannya terkait permukaan ban yang menempel dengan permukaan jalan, ban bisa menjadi aus tidak rata dan cukup berisiko ketika kondisi permukaan jalan basah,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (5/1/2024).

Zulpata mengatakan, camber negatif pada mobil akan membuat mobil mengangkang sehingga jarak tumpu antara roda kanan dan kiri lebih lebar, dan tapak ban yang bersentuhan hanya bagian dalamnya.

Baca juga: Ini yang Dirasakan Pengemudi Ketika Ban Mobil Kempis

Ban mobil GT Radial Savero AT ProKompas.com/Donny Ban mobil GT Radial Savero AT Pro

“Perhatikan saja tapak ban yang bersentuhan dengan jalan hanya ujung-ujungnya saja, sisi dalamnya, ini merugikan ketika mobil melaju di jalan basah, karena semua ban bagian dalam disediakan untuk tempat buangan air,” ucap Zulpata.

Zulpata mengatakan, pada jenis ban tertentu seperti tipe asimetris, antara tapak ban sisi dalam dan luar memiliki kembangan yang berbeda. Tapak ban sisi dalam biasanya digunakan untuk menunjang performa ketika kondisi jalan basah.

“Sehingga, ketika mobil pakai camber negatif ekstrem perlu dilakukan penyesuaian agar risiko aquaplaning tidak tinggi, bisa dengan melakukan penggantian jenis ban yang lebih baik untuk jalan basah, atau sudut cambernya diubah,” ucap Zulpata.

Baca juga: Ban dengan Tapak Lebar Rawan Mengalami Aquaplaning


Nah, itu tadi penyesuaian yang bisa dilakukan ketika musim hujan, jika bukan kualitas ban yang disesuaikan maka sudut roda harus disesuaikan atau mengurangi nilai camber negatifnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com