Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Max Verstappen Dilarang Sewa Mobil karena Tidak Memenuhi Syarat

Kompas.com - 04/01/2024, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Max Verstappen merupakan juara dunia Formula 1 (F1) tiga kali berturut-turut sejak 2021. Meski demikian, pebalap berkebangsaan Belanda ini pernah dilarang menyewa mobil karena usianya masih terlalu muda.

Ketika Verstappen pertama kali mengemudikan mobil balap F1, para kritikus menyuarakan kekhawatiran tentang apakah Verstappen sudah cukup umur untuk mengemudikan salah satu mobil tercepat di dunia di usianya yang ke-17.

Baca juga: Verstappen Juara Dunia Lagi dengan Honda, Masuk Rekor 10 Legenda F1

Jadi, mungkin tidak mengherankan jika bahkan setelah memenangi tiga kejuaraan dunia, Verstappen masih menghadapi pertanyaan tentang apakah dia sudah cukup umur untuk mengemudi.

Max Verstappendoc Mobil™ Lubricants Max Verstappen

Dikutip dari Carscoops.com, Selasa (2/1/2024), salah satu pihak yang meragukannya adalah perusahaan rental mobil Sixt. Perusahaan ini menolak memberikan Verstappen kunci mobil rental karena dia masih berusia 26 tahun.

Namun, mobil yang akan disewanya juga bukanlah mobil biasa, melainkan Mercedes-AMG GT 4-Door. Mobil tersebut memiliki tenaga yang cukup besar.

Baca juga: Aksi Max Verstappen Geber Honda CR-V Hybrid Racer

Berdasarkan polis asuransinya, perusahaan rental mobil tersebut hanya menyewakan kendaraan tertentu kepada pengemudi yang berusia 30 tahun ke atas.

Mercedes-AMG GT Concept.Caranddriver Mercedes-AMG GT Concept.

Mercedes-AMG GT 4-Door tersebut adalah salah satu dari sekitar 20 mobil yang dia dan teman-temannya sewa selama perjalanan ke Portugal. Verstappen akhirnya diberikan kunci BMW Seri 5 yang tenaganya cukup jauh berada di bawah Mercedes-AMG GT 4-Door.

Seorang perwakilan Sixt mengatakan bahwa karyawan yang telah menolak Verstappen menggunakan mobil tersebut hanya mengikuti aturan yang ditetapkan dalam polis asuransi perusahaan.

Mereka meminta maaf kepada sang pebalap, yang memiliki banyak pengalaman dengan mobil cepat, dan mengatakan bahwa aturan tersebut dapat dilonggarkan dalam situasi tertentu.

Max Verstappen meraih gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2023Dok. Red Bull Racing Max Verstappen meraih gelar juara dunia Formula 1 (F1) 2023

"Mungkin ada keadaan khusus yang membenarkan penyimpangan dari aturan. Ini adalah kasus seperti itu. Kami meminta maaf kepada Verstappen. Dia bisa menyewa mobil yang dia inginkan dari kami kapan saja. Tentu saja tidak ada keraguan sama sekali tentang kemampuan mengemudi dan pengalamannya dengan mobil yang kuat," kata juru bicara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com