Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Max Verstappen Geber Honda CR-V Hybrid Racer

Kompas.com - 16/05/2023, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu keuntungan menjadi pebalap Formula 1 (F1) bagi Max Verstappen adalah memiliki kesempatan untuk menggeber Honda CR-V Hybrid Racer. Verstappen memanfaatkan dengan baik kesempatan tersebut.

SUV ringkas tersebut dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengeluarkan potensi performanya lebih maksimal. Mobil ini digarap oleh Honda Performance Development (HPD).

Baca juga: Honda CR-V Hybrid Dijejali Mesin V6, Tenaga Tembus 800 Tk

Untuk diketahui, CR-V Hybrid yang dijajal oleh Verstappen ini merupakan mobil balap untuk ajang balap IndyCar. Honda memberi julukan mobil ini dengan "The Beast".

Dikutip dari Carscoops.com, Senin (15/5/2023), Verstappen dikenalkan dengan CR-V Hybrid Racer oleh pebalap aslinya, yakni James Hinchcliff. Video ini diambil sebelum Verstappen berkompetisi di GP Miami.

Terlihat dalam video, Verstappen benar-benar menggali potensi dari mobil tersebut. Verstappen sering kali melakukan burnout hingga menghasilkan asap tebal dari bannya.

Baca juga: Pertama Kali Jajal Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2022

CR-V Hybrid Racer dijejali mesin V6 2.2 L. Mesin tersebut dilengkapi juga dengan sepasang turbocharged dari Borg Warner EFR7163.

Max Verstappen menjajal Honda CR-V Hybrid RacerDok. Carscoops.com Max Verstappen menjajal Honda CR-V Hybrid Racer

ECU-nya mengandalkan McLaren Applied Technologies Tag 400i. Sedangkan untuk motor elektriknya, HPD menjejalinya dengan Empel MGU dengan Skeleton Supercapacitors.

Bahan bakarnya mengandalkan Shell yang diklaim 100 persen terbarukan. Honda mengklaim mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 800 tk.

Suspensi diganti untuk meningkatkan stabilitas saat membalap. Suspensi depan diganti dengan milik Acura NSX GT-3 Evo22. Sedangkan suspensi belakang, dibekali dengan Dallara IR-18.

Max Verstappen menjajal Honda CR-V Hybrid RacerDok. Carscoops.com Max Verstappen menjajal Honda CR-V Hybrid Racer

Untuk menghentikan laju mobil lebih maksimal, HPD mengandalkan rem cakram berdiameter 380 mm di bagian depan dan 355 mm di bagian belakang. Rodanya mengandalkan pelek 2Elle Engineering dan dibalut oleh ban Firestone Firehawk Indy 500 Ultra-High Performance.

Selain IndyCar, Honda berencana untuk menurunkan CR-V Hybrid Racer pada ajang balap lainnya di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com