Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aroma Makanan Ini Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Kompas.com - 02/01/2024, 11:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah momen liburan panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, pelancong yang menghabiskan waktu untuk rekreasi umumnya kembali ke kota asal dengan membawa oleh-oleh dan jajanan. Perlu diketahui, tindakan ini ternyata berpotensi merusak air conditioner (AC) mobil.

Beberapa benda atau makanan yang memiliki aroma tajam seperti durian, bawang, ikan asin, dan lain-lain, memang tidak dianjurkan untuk dibawa masuk ke mobil dalam waktu lama karena memiliki bau menyengat.

Efek yang bisa ditimbulkan benda beraroma tajam pada mobil tidak bisa disepelekan, karena bau menyengat dari barang tersebut bisa menetap di kabin selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu pasca mudik lebaran.

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, benda beraroma tajam memang bisa mengganggu kinerja, bahkan menimbulkan kerusakan pada komponen AC mobil.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pengendara Motor Tertimpa Baliho Caleg yang Roboh

Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokokMF Auto Cool/Fendi Evaporator AC mobil berlendir akibat penumpukan asap rokok

“Kalau baunya sudah terlanjur menempel, bagian AC mobil harus dilakukan servis besar. Ada beberapa bagian yang harus diganti baru juga,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (30/12/2023).

Pada general check up (GCU) normal, komponen AC hanya akan diperiksa kondisinya dan sekadar disemprot saja untuk dibersihkan. Namun jika mobil terindikasi membawa barang berbau tajam, penanganannya akan lain.

“Misalnya habis bawa durian atau bawang putih agak lama, biasanya evaporator jadi lengket dan air filter ikut bau juga. Intinya AC mobil bau,” kata Noval.

Supaya bau bisa hilang sepenuhnya, langkah penanganannya jadi jauh lebih banyak. Mulai dari membersihkan kompartemen AC, mengganti filter udara, dan melakukan steam kabin.

Baca juga: Kemendag Panggil Daihatsu Soal Skandal Uji Keselamatan, Ini Hasilnya

Air filter Toyota Avanza reborn yang dipasang di rumah filter. Masih model lama dan menggunakan sekatFJCar/Facebook Air filter Toyota Avanza reborn yang dipasang di rumah filter. Masih model lama dan menggunakan sekat

Pengguna disarankan mengganti filter AC jika bau sudah sangat menyengat. Menurut Noval, bau itu bisa tersimpan di filter AC yang lama dan bisa mempengaruhi aroma kabin mobil.

Terkait harga total yang harus dikeluarkan konsumen, Noval menjelaskan jika banderolnya berbeda-beda tergantung jenis mobil. Estimasinya adalah sekitar Rp 370.000 untuk layanan jasa dan penggantian komponen kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com