Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Air ev Jadi Mobil Rental di Bali

Kompas.com - 01/01/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain jadi destinasi wisata yang cukup terkenal di dunia, Bali juga memiliki regulasi soal energi bersih dan pengembangan kendaraan listrik. Hal ini salah satunya ditunjukan dari ragam regulasi yang dikeluarkan pemerintah setempat.

Dari Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, sampai Pergub Nomor 45 Tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih.

Menyikapi hal ini, sekaligus melihat kebutuhan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menjelajah pantai dan alam, Baliqu Car Rental melihat pentingnya solusi mobilitas yang ramah lingkungan dengan menawarkan penyewaan mobil listrik di Bali.

Hendratno, Pemilik Baliqu Car Rental mengatakan, pihaknya menjadi pelopor sewa mobil listrik pertama di Bali. Selain itu, perusahaan juga menawarkan rental mobil murah yang bagi wisatawan.

Baca juga: Pengiriman Mobil Baru ke Konsumen, kenapa Tidak Pakai Towing?

"Untuk memberi solusi mobilitas bernilai tambah, kami mengajak konsumen menikmati pengalaman perjalanan yang unik dan lebih ramah lingkungan dengan sewa mobil listrik di Bali. wisatawan bisa berkontribusi dalam melestarikan keindahan alam Bali sambil tetap menikmati mobilitas yang maksimal dalam menelusuri tiap bentang alam yang menakjubkan untuk menciptakan momen perjalanan yang tak akan terlupakan," Ujar Hendratno dalam keterangan resminya, Minggu (31/12/2023).

Rental mobil listrik di Bali menggunakan Wuling Air evBaliqu Car Rental Rental mobil listrik di Bali menggunakan Wuling Air ev

Unit mobil listrik yang digunakan Baliqu Car Rental adalah Wulling Air ev. Menurut Hendratno, dengan konsep ini pihaknya juga menjadi salah satu pengerak go green bagi pihak setempat.

Sedangkan untuk alasan kenapa memilih Air ev, menurutnya karena menjadi mobil listrik dengan dimensi kompak yang cocok dengan profil mayoritas jalan di Bali yang punya ukuran tidak terlalu lebar.

"Jadi wisatawan bisa lebih nyaman berkendara maupun parkir. Kami harap, tersedianya sewa mobil lisrtrik yang mendukung mobilitas berkelanjutan ini dapat mendorong kemajuan sektor wisata di Bali, khususnya wisata hijau di daerah tersebut," katanya.

Untuk fasilitas kendaraan listrik sendiri, berdasarkan data Dinas Pehubungan (Dishub) Provinsi Bali, ada lebih 4.000 unit kendaraan listrik di Bali per kuartal III 2023. Peningkatan tersebut diikuti dengan penambahan jumlah SPKLU yang saat ini sudah lebih dari 60 unit, tersebar di titik-titik strategis.

Selain itu, wisatawan pun bisa mengisi daya mobil listrik di vila atau rumah sewa yang memiliki daya listrik memadai cukup dengan charger portable. Dengan demikian, bisa lebih mudah tak perlu ragu menggunakan kendaraan listrik dalam menunjang berbagai kebutuhan mobilitasnya selama liburan di Bali.

Baca juga: Masalah Mobil Manual di Tanjakan, Kopling Bau Sangit

Baliqu Car Rental menyediakan unit Wuling Air ev yang telah dilengkapi adaptor pabrikan, sehingga kompatibel dengan SPKLU di Bali serta charger portable untuk mengisi daya kendaraan di penginapan sebelum melanjutkan perjalanan.

Rental mobil listrik di Bali menggunakan Wuling Air evba Rental mobil listrik di Bali menggunakan Wuling Air ev

Sewa mobil listrik diklaim lebih murah karena biaya pengisian baterai yang relatif lebih rendah dibanding BBM kendaraan konvensional. Tercatat, menggunakan Wuling Air ev dari area Kuta ke Kintamani hanya membutuhkan 1 kali pengisian daya dengan harga sekitar Rp 30.000 - Rp 50.000.

Untuk harga sewa mobil listrik sendiri, dikenakan biaya Rp 300.000-an. Untuk rental mobil konvensional, mulai dari city car, sports car, hingga luxury car, dengan harga mulai dari Rp 200.000, dan Rp 85.000 untuk motor yang kisaran harga tersebut menyesuaikan dengan musim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com