Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Rekayasa Lalu Lintas Saat Car Free Night Yogyakarta Hari Ini

Kompas.com - 31/12/2023, 08:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Yogyakarta bakal mengagendakan perayaan Tahun Baru 2024 dengan malam bebas kendaraan atau car free night pada malam pergantian tahun, Minggu (31/12/2023) mulai pukul 18.00 WIB sampai dengan 01.00 WIB dini hari.

Dirlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Pol Alfian Nurrizal mengatakan, agenda malam bebas kendaraan bertujuan menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

“Kami mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi, seperti menghindari kelelahan pengemudi, mencegah peningkatan emisi karbondioksida (CO2) dan lain sebagainya," ucap Alfian, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Yogyakarta Hari Ini, 31 Desember 2023: Siang hingga Sore Hujan

Pengunjung saat melewati ornamen lorong waktu di Kotabaru, Kota Yogyakarta, Kamis (22/12/2023) malamDok Humas Kota Yogyakarta Pengunjung saat melewati ornamen lorong waktu di Kotabaru, Kota Yogyakarta, Kamis (22/12/2023) malam

Lokasi car free night Yogyakarta di antaranya:

  1. Pos Teteg, Jalan Malioboro - Titik Nol Kilometer Yogyakarta.
  2. Tugu Yogyakarta mulai pukul 22.00 WIB sampai pergantian tahun.

"Kami akan lakukan pengalihan yaitu dari Gondolayu di Jetis maupun di Pingit. Jadi ada tiga sis di situ dan juga kami siapkan untuk beberapa kantong parkir bagi masyarakat yang ingin menikmati daerah Tugu," ucapnya.

Adapun titik parkir di area Tugu Yogyakarta adalah di restoran cepat saji Jalan Jenderal Sudirman, Eks PLN, Kelenteng, dan di SMP dan SMK Jetis.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Malam Tahun Baru 2024 di Yogyakarta 

Ornamen-ornamen Natal yang dipasang di sekitar Jalan Suroto, Kota YogyakartaKOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Ornamen-ornamen Natal yang dipasang di sekitar Jalan Suroto, Kota Yogyakarta

Sementara rekayasa lalu lintas diberlakukan di area Keraton Yogyakarta yang akan diberlakukan satu arah.

"Kami lakukan one way sehingga nanti bahu jalan parkir tidak dua kiri-kanan, hanya satu bahu saja yang digunakan parkir, selebihnya bisa digunakan untuk pergerakan arus lalin," ucapnya.

Sementara di area Tugu, Malioboro, hingga Keraton Yogyakarta diberlakukan zona. Rinciannya, dua zona di area Tugu dan delapan zona di area Malioboro hingga Tugu.

Baca juga: Anies Tahun Baruan di Yogyakarta Bareng Keluarga

"Delapan zona tujuannya untuk anggota atau aparat bisa mudah berkoordinasi melakukan tindakan apa yang harus dilakukan. Misalnya ada anak hilang dibawa kemana ini," sambung Alfian.

Jalan Malioboro juga akan dibarikade dan rowing sepanjang 1,3 kilometer. Pembagian jalan menggunakan barikade dan rowing bertujuan untuk antisipasi apabila ada pengunjung yang membutuhkan bantuan sehingga dapat segera dievakuasi.

Pada malam pergantian tahun juga akan disiagakan pemadam kebakaran di Tugu, Pos Teteg, dan Titik Nol Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com