Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Solo-Yogyakarta Pangkas Waktu Perjalanan, Kecepatan Maksimal 40 Kpj

Kompas.com - 24/12/2023, 14:25 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com – Lalu lintas kendaraan yang keluar Jabodetabek menuju sejumlah daerah di Indonesia mulai mengalami peningkatan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), salah satunya Tol Fungsional Solo-Yogyakarta yang mulai dimanfaatkan para pemudik.

Berdasarkan pantauan redaksi Kompas.com, Minggu (24/12/2023) siang, Tol Fungsional Solo-Yogyakarta ramai lancar. Kondisi saat tapping masuk ruas tol ini juga cukup mengantre.

Bagi pemudik yang ingin melewati tol ini, harus keluar di Exit Tol GT Colomadu. Lalu, pengendara bisa mengambil lajur gerbang tol paling kanan untuk melakukan tapping Tol Fungsional Solo-Yogyakarta.

Baca juga: Liburan ke Puncak Bawa Mobil CVT, Perhatikan Ini Saat Macet

Kondisi Tol Fungsional Solo-Yogyakarta saat dilalui pada Minggu (24/12/2023).KOMPAS.com/AZWAR FERDIAN Kondisi Tol Fungsional Solo-Yogyakarta saat dilalui pada Minggu (24/12/2023).

Saat melewati ruas Tol Fungsional Solo-Yogyakarta, kondisi jalan masih cukup berpasir karena baru dibuka. Sementara lapisan jalan menggunakan cor beton.

Ketika dilalui kendaraan, berdasarkan catatan redaksi, rupanya kondisi jalan tol yang masih gratis ini lumayan licin dan bergelombang.

Lalu, ada imbauan kecepatan maksimal 40 Kpj. Artinya, pengendara wajib berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat melintasi ruas tol sepanjang 12 Km ini.

Baca juga: Soal Skandal, Kemenhub Akan Lakukan Uji Sampling Mobil Toyota-Daihatsu

Setelah 10 menit berselang, tak terasa kendaraan sudah mencapai GT Karangnom di Klaten, Jawa Tengah, yang letaknya masih berada di pusat kota Klaten.

Lalu lintas keluar tol pun macet, karena langsung ketemu dengan lalu lintas jalur utama Solo-Yogyakarta.

Adapun, dari GT Colomadu di Kartasura sampai GT Karangnom di Klaten memakan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

Meski begitu, pemudik bisa memangkas waktu perjalanan menuju Yogyakarta karena tidak bertemu dengan kemacetan di Pertigaan Kartasura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com