Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Motor Baru Aprilia Bergaya Naked Terpantau Sedang Tes

Kompas.com - 26/12/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia sepertinya tidak mau ketinggalan buat menggarap pasar motor naked ringkas 400cc-500cc. Terpantau ada unit yang sedang dites, tapi masih jauh dari versi produksi.

Dikutip dari Rushlane, calon motor baru Aprilia ini diduga mengambil basis dari RS 457, motor sport ringkas yang baru diperkenalkan di India. Cuma memang, motor yang tertangkap kamera itu masih dalam proses pengembangan.

Kalau dilihat dari lampu depannya yang bulat, kemungkinan akan memakai gaya neo-retro. Cuma sayang, bagian bodinya banyak yang tidak terpasang, jadi sulit membayangkan seperti apa versi produksinya nanti.

Baca juga: Trackhouse Racing, Tim Satelit Aprilia Pakai Livery Nicky Hayden

Aprilia RS 457 versi naked sedang dites jalanMOTORRADONLINE.de Aprilia RS 457 versi naked sedang dites jalan

Sudah kelihatan, sektor suspensi mengambil dari RS 457 yang berwarna emas. Lalu peleknya aluminium, dibalut ban depan dengan ukuran 110/70-17 dan belakang 160/50-17, sama dengan RS 457.

Kemungkinan mesinnya sama, 457cc dua silinder segaris dengan pendingin cairan. tenaga yang dihasilkan 47,6 TK dan torsi di 43,5 Nm, dikawinkan ke transmisi manual enam percepatan dan sudah ride-by-wire.

Lalu dari segi sasis, kemungkinan akan berbeda dengan RS 457. Versi naked akan memakai rangka besi, bukan aluminium, jadi lebih berat tapi tidak pakai fairing buat mengurangi bobot.

Baca juga: Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?


Pada bagian belakang, lengan ayun juga berbeda dengan yang dipasang ke RS 457. Penyebabnya adalah posisi suspensi belakang yang ada di sisi kanan swingarm, bukan di tengah seperti RS 457.

Soal posisi berkendara kemungkinan lebih ke arah nyaman, tidak agresif. Tapi dari foto, terlihat masih banyak penyesuaian, jadi belum pasti akan seperti apa ergonomi berkendaranya.

Mengingat bentuknya yang masih prototipe, versi naked dari RS 457 kemungkinan baru meluncur di 2025. Jadi di 2024 Aprilia masih fokus ke RS 457, penjualannya saja belum menyebar ke mana-mana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com