Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Fungsional, Jasa Marga Operasikan Akses Darangdan

Kompas.com - 23/12/2023, 12:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai bentuk komitmen dalam memastikan kelancaran dan keamanan lalu lintas di tol, Jasa Marga akan mengoperasikan akses Darangdan secara fungsional pada siang ini, Sabtu (23/12/2023) pukul 12.00 WIB.

Akses ini hanya dibuka sampai 2 Januari 2024 pukul 22.00 WIB. Selain itu, cuma kendaraan golongan satu non-bus dan non-truk saja yang boleh melintasinya. Artinya, hanya kendaraan pribadi saja yang boleh masuk maupun keluar.

Baca juga: Hari Ini, Contraflow Mulai Diterapkan di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek

Lebih rinci, untuk mengakses ruas dimaksud ialah pada Km 99A (akses keluar) dan Km 99B (akses masuk) di ruas Tol Cipularang. Ruas ini dibuka atau beroperasi 24 jam.

Akses Darangdan dibuka fungsionalJASA MARGA Akses Darangdan dibuka fungsional

Melalui keterangan resmi perusahaan, pengoperasian akses fungsional ini sesuai persetujuan Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR dalam rangka pelayanan selama arus mudik dan balik libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Diharapkan akses Darangdan di Km 99 Ruas Tol Cipularang ini dapat menjadi tambahan alternatif bagi pengguna jalan yang menuju atau dari arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: Kakorlantas Polri Pakai Mobil Dinas BMW iX, Intip Spesifikasinya

Sehingga dapat memperluas distribusi lalu lintas dan berdampak pada pengurangan kepadatan di akses keluar utama.

Ilustrasi ruas Tol CipularangDok. Jasa Marga Ilustrasi ruas Tol Cipularang

"Setelah dioperasikan secara fungsional, nantinya akan kembali dilakukan evaluasi untuk memastikan kesiapan akses sebelum dioperasikan secara penuh untuk melayani pengguna jalan sesuai persetujuan Kementerian PUPR," kata Panji Satriya, Marketing and Communication Departmen Head Jasamarga Metopollitan Toll Road dalam keterangannya, Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com