Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Spesialis MINI Kerja Sama dengan Diler buat Basis Data Servis

Kompas.com - 23/12/2023, 09:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bengkel spesialis biasanya didatangi oleh mobil yang sudah berumur lebih dari lima tahun. Sebab mobil dengan umur segitu sudah lepas garansi ketika ingin melakukan servis.

Mobil tua dan yang sudah lebih dari lima tahun biasanya mulai terpinggirkan kalau pergi ke bengkel resmi yang disediakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) atau diler.

Baca juga: 100 Bus Listrik Resmi Beroperasi di Jakarta, 26 Unit dari DAMRI

Namun saat ini peran bengkel spesialias sudah tidak bisa dianggap sebelah mata. Bengkel spesialis bahkan bekerjasama dengan diler resmi untuk beberapa bagian yang melibatkan kepuasan pelanggan.

Salah satu penyakit di MINI Cooper ialah oli rembes. Penyebabnya berbagai macam karena itu butuh pemeriksaan yang lengkap untuk memastikan sumber masalah.KOMPAS.com/Gilang Salah satu penyakit di MINI Cooper ialah oli rembes. Penyebabnya berbagai macam karena itu butuh pemeriksaan yang lengkap untuk memastikan sumber masalah.

Contohnya bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan, yang bisa mengecek track record service semua MINI Cooper yang datang ke bengkelnya.

Cliff, pemilik MINI Klinik Indonesia, mengatakan, bengkelnya bekerjasama dengan Tunas BMW untuk masuk ke basis data mobil. Sehingga dengan sistem basis data tersebut pihaknya bisa mengecek sejarah servis mobil.

"Catatan servis di diler resmi di kita bisa cek di diler resmi, kita ada kerjasama dengan Tunas BMW. Kita bisa ngecek karena kita ada kerjasama, tapi yang bukan Tunas seperti di diler-diler lain juga bisa kita lihat karena terintegrasi seluruh Indonesia," ujar Cliff kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ciabatti Pisah dari Ducati, Pindah ke Divisi Off Road

Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.

"Itu berlaku juga untuk diler lain untuk mengecek satu Indonesia bisa," katanya.

Cliff mengatakan, dengan adanya sistem ini memudahkan pengguna dan pihak bengkel melihat kondisi mobil secara utuh.

Bahkan kata kata Cliff, bisa dijadikan acuan buat calon konsumen yang ingin membeli mobil bekas karena bisa mengetahui data catatan servis mobil yang sedang diincarnya.

"Kalau mau main MINI bisa general check di kita. KIta akan mengecek 360 derajat, dari eksterior, interior, elektrikal sampai menanikal," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com