Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TAM Pastikan Mobil Toyota di Indonesia Aman

Kompas.com - 22/12/2023, 13:43 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buntut dari ditemukannya skandal manipulasi uji keselamatan tabrak samping oleh Daihatsu Motor Co. Ltd, pihak prinsipal di Jepang sempat melakukan penangguhan sementara terhadap 64 model kendaraan, termasuk pula 22 model yang menggunakan merek Toyota.

Skandal manipulasi tersebut pertama kali ditemukan pada 28 April 2023, dan langsung ditindaklanjuti dengan pembentukan komite independen, untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh berbagai prosedur dalam perusahaan.

Kendati demikian, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia, telah memastikan jika semua produk kendaraan yang dipasarkan di Tanah Air telah memenuhi standar keselamatan dan dijamin keamanannya.

Baca juga: TAM Pastikan Mobil Toyota di Indonesia Aman dari Skandal Keselamatan

Daihatsu-Toyota meminta maaf ke publik atas skandal uji tabrak, Rabu (20/12/2023)Screenshoot/Daihatsu Daihatsu-Toyota meminta maaf ke publik atas skandal uji tabrak, Rabu (20/12/2023)

Informasi ini sebagaimana disampaikan pihak TAM melalui keterangan resmi di laman newsroom Toyota. Semua model kendaraan produksi TAM yang dipasarkan di Indonesia telah dipastikan memenuhi standardisasi.

“Kami ingin mengonfirmasi bahwa saat ini, pelanggan yang menggunakan produk Toyota termasuk yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu tidak perlu khawatir atau melakukan tindakan apa pun, dan dapat terus menggunakan kendaraan seperti biasa,” tulis keterangan resmi, dikutip Kompas.com, Jumat (22/12/2023).

Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmy Suwandi, memastikan pula jika semua unit kendaraan Toyota yang dijual di Indonesia aman dan bebas permasalahan.

Baca juga: Pabrik TMMIN Raih Penghargaan PROPER Emas dari KLHK

Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021KOMPAS.com/Ruly Toyota Avanza dan Veloz di lantai GIIAS 2021

"Jadi semua produk yang kita jual dipastikan aman dan tidak mengalami masalah," ucap Anton kepada Kompas.com.

Sebagai upaya penyelesaian masalah akibat penangguhan pengiriman sementara tersebut, Toyota Indonesia telah berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia untuk menjelaskan fakta-fakta terkait kasus ini.

Setelah dilakukan pertemuan antara pihak PT Toyota Astra Motor (TAM) serta Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan Pemerintah RI, diputuskan aktivitas bisnis Toyota di Tanah Air kembali normal hari ini, Jumat (22/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com