Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Mobil Toyota-Daihatsu Indonesia yang Terimbas Skandal Keselamatan | Tanggapan PO Rosalia Indah Soal Keterlibatan Kru pada Kasus Pencurian

Kompas.com - 22/12/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Motor Co., Ltd mengumumkan sedikitnya 64 model mobil terlibat skandal manipulasi uji keselamatan tabrak samping di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dari total model tersebut, 22 produk diantaranya merupakan kendaraan yang dijual dengan merek Toyota. Sebagai imbasnya, mobil yang terlibat akan dihentikan oleh perusahaan secara sementara untuk dikirimkan ke konsumen.

Selain itu media sosial ramai membicarakan kasus pencurian di dalam salah satu pelayanan dari bus AKAP milik PO Rosalia Indah.

Situasi ini berawal dari penumpang yang bercerita tentang kersahannya usai kehilangan gawai berupa tablet saat menggunakan bus tersebut.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 21 Desember 2023:

Baca juga: Semua Ruas Tersambung, Tol Cijago Seksi 3B Segera Dibuka

1. Mobil Toyota-Daihatsu Indonesia yang Terimbas Skandal Keselamatan

Toyota Veloz raih lima bintang dalam tes tabrak ASEAN NCAPDOK. ASEANNCAP Toyota Veloz raih lima bintang dalam tes tabrak ASEAN NCAP

"Berdasarkan hasil temuan tersebut, hari ini kami memutuskan semua kendaraan itu yang diproduksi di Jepang maupun luar negeri, pengirimannya akan diberhentikan sementara," kata Presiden Daihatsu Soichiro Okudaira dalam konferensi pers online, Rabu (20/12/2023).

Baca juga: Mobil Toyota-Daihatsu Indonesia yang Terimbas Skandal Keselamatan

2. Tanggapan PO Rosalia Indah Soal Keterlibatan Kru pada Kasus Pencurian

Bus Baru PO Rosalia IndahInstagram @mass.arkan Bus Baru PO Rosalia Indah

Korban dengan nama Widino Arnoldy melalui akun Twitter @Widino menceritakan, Ipad yang ada dalam tas ditukar menjadi buku dan keramik.

Namun, customer service (CS) tidak menanggapi kasus yang menimpa @Widino, sehingga dirinya menceritakan kejadian ini di media sosial. Bahkan spekulasi tentang keterlibatan kru bus pada kejadian ini makin mencuat.

Baca juga: Tanggapan PO Rosalia Indah Soal Keterlibatan Kru pada Kasus Pencurian

3. Pelat Nomor RF Tidak Berlaku Lagi, Ini Kode Penggantinya

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat mengecek mobil berpelat khusus RFY yang terobos jalur Busway, Rabu (15/6/2022) di Gedung Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.KOMPAS.com/Tria Sutrisna Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat mengecek mobil berpelat khusus RFY yang terobos jalur Busway, Rabu (15/6/2022) di Gedung Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri) memberikan pernyataan resmi jika ‘pelat nomor dewa’ seperti RF, IR, QH, dan sejenisnya sudah tidak berlaku lagi.

Pemberhentian peredaran pelat nomor khusus ini dikarenakan banyaknya keluhan dari masyarakat, yang menyebut jika pemilik pelat tersebut sering bertindak arogan di jalan.

Baca juga: Pelat Nomor RF Tidak Berlaku Lagi, Ini Kode Penggantinya

4. Honda Umumkan Harga Resmi Motor Listrik EM1 e: dan EM1 e: Plus

Harga resmi motor listrik Honda EM1 e: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Harga resmi motor listrik Honda EM1 e:

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi mengumumkan harga sepeda motor listrik Honda EM1 e: sekaligus memperkenalkan pilihan terbaru, EM1 e: Plus.

Bersamaan dengan peluncuran ini, AHM juga melakukan pendistribusian perdana Honda EM1 e: kepada konsumen.

Baca juga: Honda Umumkan Harga Resmi Motor Listrik EM1 e: dan EM1 e: Plus

5. Soal Skandal Uji Tabrak, Toyota-Daihatsu Akan Temui Pemerintah Indonesia

Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepanghttps://www.nasva.go.jp/ Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepang

Toyota dan Daihatsu Indonesia menyebut akan menemui Pemerintah Indonesia soal insiden skandal uji tabrak yang libatkan 64 model kendaraan secara global.

Pasalnya, imbas masalah tersebut, pihak prinsipal menghentikan distribusi seluruh produk terlibat sampai batas yang belum ditentukan.

Baca juga: Soal Skandal Uji Tabrak, Toyota-Daihatsu Akan Temui Pemerintah Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com