Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Tahun Jadi Taksi, Mobil Listrik BYD Tembus 650.000 Km

Kompas.com - 07/12/2023, 06:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD bersiap memasuki pasar Indonesia. Jika tak ada halangan, merek mobil listrik asal China tersebut akan mulai meramaikan peta otomotif nasional pada tahun depan.

Sebelum BYD resmi masuk ke Indonesia produk-produk BYD sudah lebih dulu menjajal pasar. Pada 2018 perusahaan taksi Blue Bird memasukkan mobil listrik BYD e6 untuk beroperasi di Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Orang Indonesia Masih Belum Paham Manfaat Pakai Helm Saat Berkendara

Pada tahap awal ada 25 unit BYD e6 yang masuk Indonesia dan tak lama kemudian menyusul masuknya BYD T3. Pada masa itu sebetulnya Blue Bird juga memasukkan Tesla Model X tapi dipakai untuk taksi Sliver Bird.

Taksi listrik Blue Bird, BYD e6 Kompas.com/Fathan Taksi listrik Blue Bird, BYD e6

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, mengatakan, sejauh ini meski sudah lima tahun berjalan berdasarkan studi yang dilakukan performa taksi BYD e6 masih sangat baik.

"Kami pertama kali menyerahkan batch pertama ke Blue Bird itu pada 2018, jadi sudah lima tahun. Sejauh ini performa seluruh mobil listrik itu sistemnya masih sangat baik," kata Zhao kepada Kompas.com, belum lama ini.

Zhao mengatakan, mobil yang dipakai jadi taksi merupakan pembuktian kualitas itu sendiri. Sebab taksi merupakan transportasi berat, mobil dipakai setiap hari untuk mengangkut penumpang.

Baca juga: Pembatasan Kendaraan Pribadi di Jakarta Sudah Tidak Bisa Dihindari

Berdasarkan data, Zhao mengatakan, selama lima tahun jadi taksi BYD e6 sudah berjalan sejauh 650.000 km.

Direktur Utama Blue Bird Adrianto DjokosoetonoKompas.com / Kiki Safitri Direktur Utama Blue Bird Adrianto Djokosoetono

"Mobil sudah dipakai lebih dari 650.000 km, baterai, performa masih bagus, dan operasi taksi tersebut membuktikan kualitas kami. Karena taksi ialah kendaraan transportasi berat, untuk mengangkut orang," ujarnya.

Baca juga: Ferrari Roma Spider Hadir Buat Menggantikan Portofino

BYD e6 dilengkapi dengan baterai berukuran 80 kWh yang mampu menjelajah sejauh lebih kurang 400 Km. Motor listrik yang digunakan menghasilkan tenaga 120 TK dan torsi 450 Nm.

Kabin mobil crossover listrik ini bisa memuat empat penumpang, satu pengemudi, satu orang di depan, dan tiga di belakang. Dimensinya terbilang cukup bongsor, tidak seperti Toyota Limo atau Transmover yang lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com